EKSPLORASI KULTURAL PADA NOVEL NATISHA KARYA KHRISNA PABICHARA DAN KONTRIBUSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Darwis, Anugrah (2020) EKSPLORASI KULTURAL PADA NOVEL NATISHA KARYA KHRISNA PABICHARA DAN KONTRIBUSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Jurnal 2019.pdf

Download (219kB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kode kulturan atau budaya novel Natisha karya Khrisna Pabichara dengan menggunakan teori Semiotika Rolland Barthes dan (2) mendeskripsikan kontribusi kode kultural atau budaya pada novel Natisha karya Khrisna Pabichara dakam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kelas XII. Desain penelitian ini adalah mengumpulkan, mengolah, mereduksi, menganalisis, dan menyajikan data secara objektif atau sesuai dengan fakta. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel yang berjudul Natisha karya Khrisna Pabichara yang diterbitkan oleh Javanika tahun 2016 dengan jumlah halaman 421. Data dalm penelitian ini berupa kata-kata atau kalimat penggalan novel Natisha karya Khrisna Pabichara berbentuk narasi, dialog, dan monolog yang memuat kode budaya atau yang menguak budaya yang terdapat dalam novel sebagai korpus data. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik baca dan teknik inventarisasi. Hasil penelitian ini sebanyak 82 data tanda atau kode budaya yang terdiri dari : (1) data atau kode budaya yang memiliki makna denotasi, konotasi, dan mitos sebanyak 28 data; (2) datau atau kode budaya yang memiliki makna denotasi dan konotasi sebanyak 23 data; (3) data atau kode budaya yang memiliki makna denotasi dan mitos sebanyak 6 data; dan (4) data atau kode budaya yang hanya memiliki makna denotasi sebanyak 25 data. Kontribusi dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia kurikulum 2013 jenjang SMA kelas XII dapat ditawarkan sebagai salah satu bahan ajar dalam pembelajaran novel terkait dengan sikap spiritual (KI 1), sikap sosial (KI 2), pengetahuan (KI 3), dan keterampilan (KI 4). Aspek pengetahuan dan keterampilan mencakup empat kompetensi dasar (KD) yaitu KD 3.8, KD 3.9. KD 4.8. dan KD 4.9. Kata kunci : Eksplorasi Kultural, Novel, Pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN BAHASA - (S2)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 13 Oct 2020 03:44
Last Modified: 13 Oct 2020 03:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18272

Actions (login required)

View Item View Item