Perbedaan Minat dan Hasil Belajar Biologi Melalui Pendekatan Saintifik dan Keterampilan Proses Sains pada Materi Sistem Respirasi Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Bulukumba

Satnawati, Satnawati and Nurhayati B, Nurhayati B and Wiharto, Muhammad (2020) Perbedaan Minat dan Hasil Belajar Biologi Melalui Pendekatan Saintifik dan Keterampilan Proses Sains pada Materi Sistem Respirasi Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Bulukumba. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL SATNAWATI.pdf

Download (316kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian eksperimen yang bersifat quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan minat dan hasil belajar biologi siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik dan Pendekatan Keterampilan proses sains pada mata pelajaran biologi, khususnya materi Sistem Respirasi.Data minat belajar diperoleh dengan menggunakan angket minat, sedangkan data hasil belajar biologi diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar dengan memberikan pretest dan posttest. Kelas eksperimen I diberi perlakuan Pendekatan Keterampilan Proses Sains sedangkan Kelas Eksperimen II diberi perlakuan pendekatan saintifik. Data minat belajar menunjukkanbahwadari 30pesertadidik yang dijadikansampeluntukeksperimen II terdapat 1 atau 3,33 % pesertadidik yang memiliki minatbelajar pada kategori sangatbaik,terdapat 10 atau 33,33 % pada kategoribaik, terdapat 11 atau 36,66% pada kategoricukup danterdapat 4 atau 13,33% berada pada kategorikurang dan sangatkurang. Jadi dapat disimpulkan bahwa, kecenderungan minat belajar pesertadidikkelas XI IPA5SMA Negeri 9 Bulukumba setelah pemberian perlakuan Pendekatan Saintifikberada pada kategori cukupdenganinterval skor 49 – 55 dan nilai ratarata sebesar 52,03. Data hasil belajar menunjukkanbahwadari 31pesertadidik pada eksperimen I, terdapat 11atau35,50 % pesertadidik yang memiliki hasilbelajar pada kategori baiksekali,terdapat7 atau 22,60 % berada pada kategoribaik, terdapat 9 atau 29,00% pada kategoricukup, terdapat 4 atau 12,90% pada kategorikurang, dan terdapat 0% pesertadidik yang memilikihasilbelajar pada kategorigagal. Jadi dapat disimpulkan bahwa kecenderungan hasil belajar pesertadidikkelas XI MIPA1 SMA Negeri 9 Bulukumba setelah pemberian perlakuan Pendekatan Keterampilan Proses Sainsberada pada kategori baik sekalidenganinterval skor 80 - 100 dan nilai rata-rata sebesar 71,48.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan keterampilan proses sains pada mata pelajaran biologi dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Kata_kunci_;Pendekatan Saintifik, Keterampilan Proses Sains, Minat Belajar, dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 28 Sep 2020 05:40
Last Modified: 28 Sep 2020 05:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18193

Actions (login required)

View Item View Item