Pengaruh Penggunaan Media Video Pada Pembelajaran Biologi Terhadap Motivasi, Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 2 Luwu

Nirva, Nirva and Hala, Yusminah and Junda, Muhammad (2020) Pengaruh Penggunaan Media Video Pada Pembelajaran Biologi Terhadap Motivasi, Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 2 Luwu. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
4. Artikel.pdf

Download (358kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui motivasi belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 2 Luwu yang diajar dengan menggunakan media video pada pembelajaran biologi (2) Mengetahui kemandirian belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 2 Luwu yang diajar dengan menggunakan media video pada pembelajaran biologi (3) Mengetahui hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 2 Luwu yang diajar dengan menggunakan media video pada pembelajaran biologi (4) Mengetahui perbedaan motivasi belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 2 Luwu melalui penggunaan media video pembelajaran biologi dan tanpa melalui penggunaan media video pembelajaran biologi (5) Mengetahui perbedaan kemandirian belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 2 Luwu melalui penggunaan media video pembelajaran biologi dan tanpa melalui penggunaan media video pembelajaran biologi (6) Mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 2 Luwu melalui penggunaan media video pembelajaran biologi dan tanpa melalui penggunaan media video pembelajaran biologi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA semester genap SMA Negeri 2 Luwu tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik acak kelas (simple random sampling) yang dilakukan dengan undian kertas kecil dengan mengambil dua kelas sebagai subjek penelitian dari tujuh kelas XI yang ada. Kelas yang dimaksud yaitu kelas XI4 diajar dengan menggunakan media video pembelajaran biologi dengan jumlah peserta didik 32 orang dan kelas XI3 diajar tanpa menggunakan media video pembelajaran biologi dengan jumlah peserta didik 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Motivasi belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 2 Luwu yang diajar dengan media video pembelajaran biologi rata-rata 88,81 berada pada kategori sangat tinggi dan motivasi belajar peserta didik yang diajar tanpa menggunakan media video pembelajaran biologi rata-rata 76,13 berapa pada kategori tinggi (2) Kemandirian belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 2 Luwu yang diajar dengan media video pembelajaran biologi rata-rata 84,09 berada pada kategori sangat tinggi dan motivasi belajar peserta didik yang diajar tanpa menggunakan media video pembelajaran biologi ratarata 74,23 berapa pada kategori tinggi. (3) Hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 2 Luwu yang diajar dengan media video pembelajaran biologi rata-rata 87,38 berada pada kategori sangat tinggi dan motivasi belajar peserta didik yang diajar tanpa menggunakan media video pembelajaran biologi ratarata 80,67 berapa pada kategori tinggi biologi (4) Terdapat perbedaan motivasi belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 2 Luwu melalui penggunaan media video pembelajaran biologi dan tanpa melalui penggunaan media video pembelajaran biologi (5)Terdapat perbedaan kemandirian belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 2 Luwu melalui penggunaan media video pembelajaran biologi dan tanpa melalui penggunaan media video pembelajaran biologi (6) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 2 Luwu melalui penggunaan media video pembelajaran biologi dan tanpa melalui penggunaan media video pembelajaran biologi. Kata kunci : Media video, motivasi, kemandirian dan hasil belajar

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 28 Sep 2020 05:36
Last Modified: 28 Sep 2020 05:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18192

Actions (login required)

View Item View Item