KUALITAS PELAYANAN PENYEDIAAN AIR BERSIH DI PERUSAHAAN UMUM DAERAH AIR MINUM KOTA MAKASSAR

Ahmira, Nurul (2020) KUALITAS PELAYANAN PENYEDIAAN AIR BERSIH DI PERUSAHAAN UMUM DAERAH AIR MINUM KOTA MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL NURUL AHMIRA.pdf

Download (241kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan penyediaan air bersih di Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumda) Kota Makassar dilihat dari responsivitas, responsibilitas, dan akuntabilitas. Jenis penelitian adalah kualitatif bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi responsivitas kurang baik pada penanganan keluhan, karena belum mendapat tindak lanjut yang cepat. Pada dimensi responsibilitas kurang maksimal pada indikator kontinuitas air yang dialirkan, karena masih terjadi pergiliran aliran air. Pada dimensi akuntabilitas semua indikatornya cukup maksimal. Adapun faktor pendukung kualitas pelayanan penyediaan air bersih di Perumda Air Minum Kota Makassar yaitu adanya kantor unit dan penampungan air langsung minum, penambahan jaringan pipa dan saling bersinergi. Sedangkan faktor penghambat yaitu pengerjaan proyek yang dijalur pipa distribusi, kurangnya armada pengantaran air, dan kurangnya sumber air baku. Dalam pelayanan penyediaan air bersih perlu memaksimalkan kualitas dan jumlah petugas dalam melaksanakan pelayanan dan perlu meningkatkan kapasitas produksi dengan menambah sumber air baku. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Penyediaan Air Bersih, Perumda Air Minum Kota Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL
FAKULTAS ILMU SOSIAL > Ilmu Administrasi Negara
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Sep 2020 05:33
Last Modified: 24 Sep 2020 05:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18131

Actions (login required)

View Item View Item