PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 MAKASSAR

NURHALIZAH, SITTI (2020) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL_SITTI NURHALIZAH_PENDIDIKAN AKUNTANSI.pdf

Download (508kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar secara parsial dan simultan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi keuangan kelas XI kompetensi keahlian akuntansi di SMK Negeri 1 Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah motivasi belajar sebagai variabel bebas pertama, disiplin belajar sebagai variabel bebas kedua dan prestasi belajar sebagai variabel terikat. Populasinya seluruh siswa kelas XI program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Makassar yang terdiri Page | 2 dari 139 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan sampel sebanyak 58 siswa. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji instrumen, uji asumsi klasik dan uji hipotesis yang meliputi analisis regresi linear berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi dengan menggunakan SPSS 25 for windows. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, diperoleh model persamaan regresi linear berganda Y=34,431+0,622X1+0,360X2 yang berarti motivasi belajar dan disiplin belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar dimana setiap penambahan 1 satuan motivasi belajar, maka nilai prestasi belajar mengalami peningkatan 0,622 satuan serta penambahan 1 satuan disiplin belajar, maka nilai prestasi belajar mengalami peningkatan 0,360 satuan. Dari hasil analisis uji t, motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 dan disiplin belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Dari analisis uji F, motivasi belajar dan disiplin belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Sementara dari hasil analisis koefisien determinasi (R2 ) yaitu sebesar 0,743 (74,3%). Hal ini berarti bahwa pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar adalah sebesar 74,3% sedangkan sisanya 25,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kata kunci: Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 02 Sep 2020 06:12
Last Modified: 02 Sep 2020 06:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18108

Actions (login required)

View Item View Item