PERANAN PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM MASYARAKAT DI DESA BONDE KEC. CAM PALAGIAN KAB. POLEWALI MANDAR

SAFITRI, AYU (2020) PERANAN PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) UNTUK MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM MASYARAKAT DI DESA BONDE KEC. CAM PALAGIAN KAB. POLEWALI MANDAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
PERANAN PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT(JUR).pdf

Download (477kB)

Abstract

Ayu Safitri, 2020. “Peranan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) untuk Menanamkan Nilai-Nilai Karakter dalam Masyarakat di Desa Bonde Kec. Campalagian Kab. Polewali Mandar. Skripsi ini dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. Hasnawi Haris, M.Hum dan Bapak Dr. Muh. Sudirman, S.Ag. M.Pd. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bentuk program kerja yang diseleggarakan oleh PKBM yang ada di Desa Bonde untuk menanamkan nilai-niali karakter dalam warga masyarakat, (2) upaya PKBM dalam menanamkan nilai-nilai karakter kepada wajib belajar yang terlibat dalam PKBM , (3) Faktor-faktor pendukung dan penghambat PKBM dalam penanaman nilai-nilai karakter bagi warga masyarakat. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) program kerja PKBM di desa Bonde dalam menanamkan nilai-nilai karakter yaitu; TBM (Taman Baca Masyarakat), Pendidikan Keaksaraan, Pendidikan Kesetaraan, PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), life skill dan pemberdayaan wanita (2) upaya PKBM dalam menanamkan nilai-nilai karakter (a) kegiatan membaca doa sebelum dan sesudah belajar, (b) menjaga kebersihan, keindahan dan ketertiban dalam lingkup PKBM, (c) menerapkan atau menjaga tradisi/ budaya bangsa, (d) melaksanakan program yang bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat, (3) faktor pendukung penanaman nilai-nilai karakter terdiri dari mitra yang terdapat di setiap desa yang ada di kecamatan Campalagian dan tutor selaku orang yang berperan mengajarkan warga masyarakat dalam memahami pelajaran sesuai dengan program kerja yang tedapat di PKBM sedangkan faktor penghambatnya yakni kurangnya minat masyarakat mengikuti kegiatan atau program kerja PKBM di desa Bonde dan masalah fasilitas yang belum memadai.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Kewarganegaraan PPKn
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 02 Sep 2020 04:50
Last Modified: 02 Sep 2020 04:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18106

Actions (login required)

View Item View Item