EFEKTIFITAS METODE SOCIAL LEARNING DALAM PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI MIA 9 SMA NEGERI 9 MAKASSAR

Astuti1, Endang Puji (2020) EFEKTIFITAS METODE SOCIAL LEARNING DALAM PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI MIA 9 SMA NEGERI 9 MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL_ENDANG PUJI ASTUTI_Bahasa Jerman S1.pdf

Download (860kB)

Abstract

ABSTRAK ENDANG PUJI ASTUTI, 2020. “Efektivitas Metode Social Learning dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Jerman Siswa Kelas XI MIA 9 SMA Negeri 9 Makassar”. Skripsi. Prodi Pendidikan Bahasa Jerman, Jurusan Bahasa Asing, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Syarifah Fathimah dan Laelah Azizah ). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode pembelajaran social learning dalam penguasaan kosakata bahasa Jerman -siswa kelas XI MIA 9 SMA Negeri 9 Makassar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen. Data penelitian ini diperoleh dengan tes penguasaan kosakata bahasa Jerman. Hasil analisis data menggunakan uji-t menghasilkan t_hitung sebesar 4,32 lebih besar dari pada t_tabel sebesar 1,67 dengan taraf signifikan α = 0,05. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan penguasaan kosakata bahasa Jerman antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen sebesar 52,5 lebih kecil dari rata-rata pre-test dari kelas kontrol yakni 52,66. Nilai rata-rata post-test sebesar 81,67 lebih besar dari nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 66,94. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran social learning efektif dalam penguasaan kosakata bahasa Jerman siswa kelas XI MIA 9 SMA Negeri 9 Makassar. Kata kunci: metode pembelajaran, penguasaan kosakata, social learning, bahasa Jerman

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pend. Bahasa Jerman
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Dede Yulistian A.Md
Date Deposited: 31 Aug 2020 04:22
Last Modified: 31 Aug 2020 04:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18077

Actions (login required)

View Item View Item