PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI TEATER TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KONSEP DIRI (SELF CONCEPT) PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 MAKASSAR

Amalyah, Rizka Mulyda (2020) PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI TEATER TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KONSEP DIRI (SELF CONCEPT) PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 MAKASSAR. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL RIZKA AMALYAH MULYDA (1582041020).pdf

Download (264kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui kemampuan konsep diri (Self Concept) peserta didik di SMA Negeri 3 Makassar dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kegiatan ekstrakurikuler seni teater terhadap kemampuan konsep diri (Self Concept) peserta didik di SMA Negeri 3 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kuantitatif dengan metode ex 2i22 facto. Populasi dalam penelitian ini adalah Peserta didik yang mengikuti Ekstrakurikuler Seni Teater di SMA Negeri 3 Makassar yang berjumlah 30 orang. Sampel penelitian ini adalah peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler teater kelas X MIPA 1 = 2 orang, X IPS 2 = 1 orang, X IPS 3 = 1 orang, X IPS 4 = 1 orang, X MIPA 5 = 3 orang, X MIPA 6 = 5 orang, XI MIPA 1 = 3 orang, XI IPS 1 = 5 orang, XI MIPA 2 = 5 orang, XI MIPA 5 = 2 Orang, XII MIA 4 = 1 orang. Jadi ada 30 peserta didik yang menjadi sampel penelitiaN. Teknik menggunakan sampel penelitian ini adalah teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Uji analisis data menggunakan teknik analisis regresi sederhana. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler memiliki pengaruh terhadap peningkatan kemampuan konsep diri peserta didik di SMA Negeri 3 Makassar. Kegiatan Ekstrakurikuler seni teater yang merupakan variabel X dengan rata-rata kegiatan ekstrakurikuler adalah 108 dengan presentase 70% hasil ini berada pada kategori sedang, sedangkan skor rata-rata kemampuan konsep diri (self Concept) peserta didik di SMA Negeri 3 Makassar adalah 112 dengan presentase 63,3% hasil ini berada pada kategori sedang. Ada pengaruh signifikan dari kegiatan ekstrakurikuler terhadap kemampuan konsep diri peserta didik di SMA Negeri 3 Makassar. Pada tabel distribusi uji t, di peroleh bahwa t0 = 15,796 dan ttabel = 0,7, t0 > ttabel ( 15,796>0,7 ) berarti t hitung > t tabel, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Kata Kunci: Pengaruh, Ekstrakurikuler Seni Teater, Konsep Diri.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 31 Aug 2020 03:32
Last Modified: 31 Aug 2020 03:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18000

Actions (login required)

View Item View Item