ROMPEGADING

Rompegading, ANDI BADLI (2015) ROMPEGADING. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ANDI BADLI ROMPEGADING..doc

Download (31kB)

Abstract

ABSTRAK ANDI BADLI ROMPEGADING. Hubungan Persepsi Mahasiswa Terhadap Kompetensi Dosen Biologi, Minat belajar dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Zoologi Invertebrata di STKIP Puangrimaggalatung Sengkang. (Dibimbing oleh Andi Asmawati Azis dan Andi Mu’nisa) Permasalahan utama yang dihadapi dunia pendidikan saat ini adalah rendahnya pencapaian hasil belajar mahasiswa. Persepsi mahasiwa terhadap kompetensi dosen merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap pencapaian hasil belajar. Selain itu minat belajar juga merupakan faktor dalam pencapaian hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi mahasiwa tehadap kompetetensi dosen biologi, minat belaja dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Zoologi Invertebrata di STKIP Puangrimaggalatung Sengkang. Penelitian ini adalah penelitian korelasional yang dilakukan terhadap mahasiswa pendidikan biologi STKIP Puangrimaggalatung Sengkang. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling yaitu mahasiswa semester VI yang memprogramkan mata kuliah Zoologi Invertebrata sebanyak 86 orang. Alat pengumpulan data berupa kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji Regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi mahasiwa terhadap kompetensi dosen biologi dengan hasil belajar dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (4,438 > 1,989). Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar mahasiswa dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2,988 > 1, 989). Tedapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi mahasiswa terhadap kompetensi dosen biologi, minat belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar mahasiswadengan nilai signifikansi 0,000 dan sumbangan efektif 47,7%. Kesimpulan : Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi mahasiswa terhadap kompetensi dosen biologi, minat belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Zoologi Invertebrata di STKIP Puangrimaggalatung Sengkang. ABSTRACT ANDI BADLI ROMPEGADING.2014. The Correlation of Students’ Perception towards The Competence of Biology Lecturer, Learning Interest and Learning Outcomes of Students in Zoology Invertebrate Subject at STKIP Puangrimaggalatung Sengkang ( Supervised by Andi Asmawati Azis and Andi Mu’nisa). This research aims to discover the correlation of students’ perception toward the competence of Biology lecturer, learning interest and learning outcomes of students in Zoology Invertebrate subject at STKIP Puangrimaggalatung Sengkang. This is correlasional research which was carried out in Biology Education Departement at STKIP Puangrimaggalatung Sengkang. Sample was taken purposively and obtained of 86 students of semeter VI who programmed the Zoology Invertebrate subject. Data were taken by questionnaire and documentation. It was then analized by applying multiple linear regressions. The result reveals that there is a positive significant correlation between students’ perception and the competence of Biology lecturer and the learning outcomes, by the score of t count is larger than t tabel (4.438 > 1. 989). Moreover, there is a positive significant coreelation between students’ perception and the competence of Biology lecturer, learning interest simultaneously toward the learning outcomes, by the level of significance 0.000 and efective contribution 47.7%. Therefore, it can be concluded that there is a positive significant correlation between the students’ perception and competence of Biology lecturer, learning interest simultaneously toward the learning outcomes of students in Zoologi Invertebrate subject at STKIP Puangrimaggalatung Sengkang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN BIOLOGI - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Dec 2016 00:33
Last Modified: 30 Dec 2016 00:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1800

Actions (login required)

View Item View Item