Perbedaan Penggunaan Modul Jaringan pada Tumbuhan Berbasis Pendekatan Saintifik dan Buku Paket Biologi terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Pinrang

Roslina, Roslina and Nurhayati B, Nurhayati B and Rachmawaty, Rachmawaty (2020) Perbedaan Penggunaan Modul Jaringan pada Tumbuhan Berbasis Pendekatan Saintifik dan Buku Paket Biologi terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Pinrang. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL (ROSLINA 181051301004 PPS UNM).pdf

Download (296kB)

Abstract

: Penelitian ini bertujuan: (i) untuk mengetahui motivasi belajar siswa melalui penggunaan modul jaringan tumbuhan berbasis pendekatan saintifik kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Pinrang, (ii) untuk mengetahui motivasi belajar siswa melalui penggunaan buku paket biologi kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Pinrang, (iii) untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penggunaan modul jaringan pada tumbuhan berbasis pendekatan saintifik kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Pinrang, (iv) untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penggunaan buku paket biologi kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Pinrang, (v) untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa melalui penggunaan modul jaringan pada tumbuhan berbasis pendekatan saintifik dan buku paket biologi kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Pinrang dan (vi) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa melalui penggunaan modul jaringan pada tumbuhan berbasis pendekatan saintifik dan buku paket biologi kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Pinrang. Penelitian ini termasuk penelitian Quasi Experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh rombongan belajar siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 9 Pinrang tahun ajaran 2020/2021 yang terdiri dari tiga rombongan belajar. Penentuan sampel penelitian dilakukan dengan teknik simple random sampling, kemudian didapatkan dua rombongan belajar yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif dan analisis secara inferensial dengan bantuan program aplikasi IBM SPSS Statistic versi 22 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) motivasi belajar siswa melalui penggunaan modul jaringan pada tumbuhan berbasis pendekatan saintifik berada pada kategori tinggi (ii) motivasi belajar siswa melalui penggunaan buku paket biologi berada pada kategori rendah, (iii) hasil belajar siswa melalui penggunaan modul jaringan pada tumbuhan berbasis pendekatan saintifik berada pada kategori sedang, (iv) hasil belajar siswa melalui penggunaan buku paket biologi berada pada kategori sedang, (v) ada perbedaan motivasi belajar siswa melalui penggunaan modul jaringan pada tumbuhan berbasis pendekatan saintifik dan buku paket biologi dan (vi) ada perbedaan hasil belajar siswa melalui penggunaan modul jaringan pada tumbuhan berbasis pendekatan saintifik dan buku paket biologi. Kata Kunci: Modul Jaringan pada Tumbuhan Berbasis Pendekatan Saintifik, Buku Paket Biologi, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 13 Jul 2020 05:25
Last Modified: 13 Jul 2020 05:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17836

Actions (login required)

View Item View Item