Meningkatkan Kemampuan Bermain Ansambel Musik Menggunakan Alat Musik Pianika Melalui Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 4 SUNGGUMINASA

JUANA, JUNAEDI (2019) Meningkatkan Kemampuan Bermain Ansambel Musik Menggunakan Alat Musik Pianika Melalui Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 4 SUNGGUMINASA. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JUNAEDI JUANA 1282041085.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Meningkatkan Kemampuan Bermain Ansambel Musik Menggunakan Media Alat Musik Pianika Melalui Metode Tutor Sebaya Pada Siswa SMP NEGERI 4 SUNGGUMINASA Skripsi : Program Studi Pendidikan Sendratasik Fakulatas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Dalam pembelajaran praktik ansambel musik, pengelolahan kelas dan materi pembelajaran sangat diperlukan untuk materi ansambel musik. Oleh karena itu, sebagai upaya peningkatan kemampuan siswa dalam bermain ansambel musik menggunakan media alat musik pianika melalui penelitian ini peneliti akan mencoba menerapkan metode tutor sebaya. Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan pembelajaran metode tutor sebaya dengan media alat musik pianika untuk meningkatkan kemampuan bermain ansambel musik pada siswa kelas VIII C SMP NEGERI 4 SUNGGUMINASA. Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa kelas VIII C SMP NEGERI 4 SUNGGUMINASA dalam bermain alat musik pianika dengan menggunakan strategi pembelajaran tutor sebaya. Penelitian ini dilaksanakan di SMP NEGERI 4 SUNGGUMINASA pada bulan Januari sampai Februari 2019, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif kuantitatif. Sumber data diperoleh dari hasil pengamatan dalam pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP NEGERI 4 SUNGGUMINASA yang berjumlah 28 siswa. Persiapan penelitian ini terdiri atas 2 siklus, setiap siklus mencakup 4 tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: wawancara, observasi, dokumentasi dan tes kemampuan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Metode tutor sebaya mampu meningkatkan hasil belajar bermain ansambel menggunakan alat musik pianika 2) Metode tutor sebaya mampu mengefektifkan waktu pertemuan didalam kelas. Berdasarkan hasil penelitian yang disarankan agar 1) para guru seni budaya menerapkan metode tutor sebaya dalam pembelajaran ansambel musik disekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 27 Aug 2020 02:26
Last Modified: 27 Aug 2020 02:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17756

Actions (login required)

View Item View Item