PERSEPSI DAN PARTISIPASI SISWA LAKI-LAKI KELAS VIII DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI DI SMP NEGERI 8 PINRANG

Junaeda, Junaeda (2020) PERSEPSI DAN PARTISIPASI SISWA LAKI-LAKI KELAS VIII DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI DI SMP NEGERI 8 PINRANG. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Naskah Jurnal - PDF - Junaeda - 1782044002.pdf

Download (190kB)

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan Persepsi siswa laki-laki kelas VIII tentang pembelajaran seni tari dan (2) untuk mendeskripsikan partisipasi siswa laki-laki kelas VIII dalam pembelajaran seni tari di SMP Negeri 8 Pinrang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Variabel yang digunakan yaitu (1) Persepsi siswa laki-laki kelas VIII tentang pembelajaran seni tari di SMP Negeri 8 Pinrang dan (2) Partisipasi siswa laki-laki dalam pembelajaran seni tari di SMP Negeri 8 Pinrang. Subjek penelitian adalah siswa laki-laki kelas VIII berjumlah 26 orang siswa. Pengumpulan data melalui angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian (1) Persepsi menunjukkan bahwa sebanyak 3 orang siswa laki-laki yaitu 11.5% memiliki persepsi negatif tentang pembelajaran seni tari, 19 orang siswa laki-laki yaitu sebanyak 73.1% memiliki persepsi cukup positif tentang pembelajaran seni tari, dan sebanyak 4 orang siswa laki-laki yaitu 15.3% memiliki persepsi positif tentang pembelajaran seni tari, (2) Partisipasi siswa laki yang pada pengamatan pada tari yang feminin (tari Pakarena) kurang aktif ternyata berubah menjadi lebih positif ketika diberi praktek tari yang lebih maskulin (tari Boda). Keywords: Persepsi; SMP; Tari; Lakilaki; Pinrang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 25 Jun 2020 02:43
Last Modified: 25 Jun 2020 02:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17711

Actions (login required)

View Item View Item