Pengaruh Teknik Penskoran dan Banyaknya Opsi Terhadap Reliabilitas Tes Objektif Pilihan Ganda Mata Pelajaran IPS SD.

HERWIN, HERWIN (2014) Pengaruh Teknik Penskoran dan Banyaknya Opsi Terhadap Reliabilitas Tes Objektif Pilihan Ganda Mata Pelajaran IPS SD. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
HERWIN.doc

Download (28kB)

Abstract

ABSTRAK HERWIN. Pengaruh Teknik Penskoran dan Banyaknya Opsi Terhadap Reliabilitas Tes Objektif Pilihan Ganda Mata Pelajaran IPS SD. (dibimbing oleh Triyanto Pristiwaluyo dan Ruslan). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh teknik penskoran dan banyaknya opsi terhadap reliabilitas tes objektif pilihan ganda pada mata pelajaran IPS di SD. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan desain faktorial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh butir tes objektif pilihan ganda yang telah baku melalui prosedur pengembangan tes. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian butir yang diambil secara acak sederhana melalui simulasi berulang. Pengumpulan data skor peserta dilakukan dengan tes dan untuk kepentingan analisis data dilakukan simulasi berulang sebanyak 120 kali. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuntitatif deskriptif berupa analisis tendensi sentral dan kuantitatif inferensial dengan analisis varians. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya interaksi antara teknik penskoran dan banyaknya opsi terhadap relibilitas tes objektif pilihan ganda mata pelajaran IPS di SD. Pada aspek teknik penskoran menunjukkan adanya perbedaan reliabilitas yang signifikan antara penerapan teknik penskoran pinalti dengan teknik penskoran tanpa koreksi pada tes objektif pilhan ganda mata pelajaran IPS di SD. Begitupula pada aspek banyaknya opsi menunjukkan bahwa adanya perbedaan reliabilitas yang signifikan antara tes objektif pilihan ganda yang menggunakan 3 opsi dengan yang menggunakan 4 opsi pada tes objektif pilhan ganda mata pelajaran IPS di SD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Dec 2016 00:03
Last Modified: 19 Dec 2016 00:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1763

Actions (login required)

View Item View Item