Pengaruh Strategi Pembelajaran terhadap Kemampuan Kognitif dan Kreativitas dalam Menyelesaikan Soal Matematika

ASMA, ANDI (2014) Pengaruh Strategi Pembelajaran terhadap Kemampuan Kognitif dan Kreativitas dalam Menyelesaikan Soal Matematika. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
andi Asma.doc

Download (29kB)

Abstract

ABSTRAK ANDI ASMA. Pengaruh Strategi Pembelajaran terhadap Kemampuan Kognitif dan Kreativitas dalam Menyelesaikan Soal Matematika (Studi Eksperimen pada Siswa SMP Negeri Kabupaten Wajo). (Dibimbing oleh Ruslan dan Patahuddin). Strategi pembelajaran Matematika selama ini masih didominasi dengan strategi pembelajaran ekspositori, perencanaan dan penerapan pembelajaran yang dilakukan masih dominan dengan metode transfer informasi, dan masih menggunakan strategi pembelajaran ekspositori inilah diduga salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa sehingga menimbulkan kebosanan bagi siswa karena pelajaran Matematika tidak menarik, tidak disenangi, dan dengan sendirinya pelajaran Matematika akan terasa sulit. Dengan demikian sebagai konsekuensinya hasil belajar yang di capai siswa di beberapa SMP di Kabupaten Wajo yang terakreditasi B belum sesuai dengan harapan. Dalam penelitian ini yang diungkap adalah pengaruh antara strategi pembelajaran terhadap kemampuan kognitif dan kreativitas siswa dalam menyelesaikan soal Matematika. Populasi penelitian adalah seluruh SMP Negeri Kabupaten Wajo yang terakreditasi B terpilih siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bola dan SMP Negeri 2 Bola sebanyak 129 siswa. Sampelnya adalah Kelas VII.B SMP Negeri 1 Bola sebanyak 25 siswa dan Kelas VII.A SMP Negeri 2 Bola sebanayak 25 siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan model rancangan factorial design. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar berbentuk essay. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan Program SPSS 16.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan kognitif siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran mind map pada kelas eksperimen 1 memiliki tingkat kemampuan kognitif dalam kategori tinggi. Kemampuan kognitif siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori pada kelas eksperimen 2 memiliki tingkat kemampuan kognitif dalam kategori sedang. Kreativitas dalam menyelesaikan soal matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran mind map pada kelas eksperimen 1 memiliki tingkat kreativitas kategori sedang pada aspek kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility) dan keaslian (Originality)dan kreativitas dalam menyelesaikan soal matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori pada kelas eksperimen 2 memiliki tingkat kreativitas dalam kategori sedang baik dari aspek kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility) dan keaslian (Originality) . Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan kognitif dan kreativitas dalam menyelesaikan soal matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran mind map dan strategi pembelajaran ekspositori. ABSTRACT ANDI ASMA. 2014. The Influence of Learning Strategy Towards Cognitive Ability and Creativity in Solving Mathematics Problems (An Experiment Study on Students at SMPN in Wajo District. (supervised by Ruslan and Patahuddin). The Study aims at examining the influence of learning strategy towards cognitive ability and students’ creativity in solving Mathematics problems. The population of the study was the entire SMPN in Wajo district with B accreditation and students of grade VII at SMPN 1 Bola and SMPN 2 Bola with as many as 129 students were chosen. The samples of the study were 25 grade VII.B students at SMPN 1 Bola and 25 grad VII.A students at SMPN 2 Bola. The Study was an experiment research with factorial desin. Data were collected using test result instrument in a form on an essay. Data were analyzed by employing desriptive analysis and inferential analysis with SPSS 16.00 program. The result of the study revealed that students’ cognitive ability taught by employing mind map learning strategy at the experiment 1 was in high category. Students’ cognitive ability taught by employing expository learning strategy at the experiment 2 was in fair category. Students’ creativity in solving Mathematics problems taught by employing mind map learning strategy at the experiment 1 was in fair category on the aspects f fluency, flexibility, and originality; whereas, students’ creativity in solving Mathematics problems taught by employing expository learning strategy at experiment 2 was in fair category on the aspects of fluency, flexibility, and originality. The results indicated that there were differences between cognitive ability and creativity in solving Mathematics problems of students who were taught by employing mind map learning strategy and expository learning strategy.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Pendidikan Dasar s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Dec 2016 23:57
Last Modified: 18 Dec 2016 23:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1759

Actions (login required)

View Item View Item