Bastiana, Bastiana (2014) PERAN SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS INKLUSI (STUDI DI SD MUTIARA BUNDA BANDUNG). In: prosiding" Seminar Nasional Pemantapan Pendidikan Karakter untuk Melahirkan Insan Bermoral Humanis dan Profesional" Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. UNY, Yogyakarta. ISBN 978-602-7274-50-1
Text
PERAN SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS INKLUSI.docx - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (35kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan inklusi merupakan sauatu pendekatan pendidikan yang inovatif dan strategis untuk memperluas akses pendidikan bagi semua siswa berkebutuhan khusus.. Bagaimanakah peran siswa berkebutuhan khusus di SD Mutiara Bunda Bandung berdasarkan kriteria penyelenggaraan pendidikan inklusi serta faktor-faktor yang berperan dalam penyelenggaraan pendidikan inklusi. Sebagai penelitian kualitatif, data diperoleh dari observasi dan wawancara terhadap beberapa informan untuk mendapatkan data dan informasi tentang penyelenggaraan pendidikan inklusi di SD Mutiara Bunda Bandung. Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan inklusi di SD Mutiara Bunda terwujud melalui proses-proses interaksi edukatif sehingga dapat mengakomodasi kebutuhan semua siswa bukan golongan siswa tertentu. Hasil proses interaksi edukatif menunjukkan bahwa setiap siswa menjadi anggota kelompok yang sama, saling berinteraksi dan berkomunikasi, saling belajar dan berfungsi, serta dapat menerima perbedaan yang ada diantara mereka. Keberhasilan disebabkan oleh beberapa faktor yaitu pengkondisian sejak awal, menghilangkan label-label yang biasa melekat pada siswa berkebutuhan khusus, dan eksplorasi metode dan teknik mengajar yang menjamin interaksi antara siswa normal dan siswa berkebutuhan khusus.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | Dr Bastiana Bastiana |
Date Deposited: | 02 Apr 2020 08:08 |
Last Modified: | 02 Apr 2020 08:08 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17464 |
Actions (login required)
View Item |