Peningkatan Kemampuan Membaca Teks Laporan HasilObservasi Melalui Model Pendekatan ReciprocalTeaching pada Siswa Kelas X TKJ SMK Budi Bangsa Pinrang.

YUSUF YUNUS, MUHAMMAD (2015) Peningkatan Kemampuan Membaca Teks Laporan HasilObservasi Melalui Model Pendekatan ReciprocalTeaching pada Siswa Kelas X TKJ SMK Budi Bangsa Pinrang. S1 thesis, UNIVESITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
MUHAMMAD YUSUF YUNUS. 2015..doc

Download (30kB)

Abstract

ABSTRAK . 2015. (Dibimbing oleh Anshari dan Munirah). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, serta peningkatan hasil belajar Membaca Teks Laporan Hasil Observasi pada siswa kelas X TKJ SMK Budi Bangsa Pinrang dengan menerapkan model Reciprocal Teaching. Sampel penelitian adalah siswa kelas X TKJ SMK Budi Bangsa Pinrang dengan jumlah siswa 31 pada tahun ajaran 2014-2015. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Pada tahap pelaksanaan siklus I dan siklus II dipergunakan lembar observasi untuk mengetahui sikap siswa pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung.Penulis juga melakukan tes kemampuan membaca teks laporan hasil observasi sebagai tolak ukur tingkat kemampuan membaca teks laporan hasil observasi peserta didik berupa tes tertulis yakni soal uraian.Standar penilaian pada tes ini berdasarkan kriteria ketuntasan minimal (KKM) di sekolah, yaitu 75. Data mengenai hasil belajar siswa dianalisis secara kuantitatif yang dengan langkah-langkah yaitu merekap skor yang diperoleh peserta didik, menentukan skor maksimal, lalu menghitung persentase perolehanpeserta didik dengan rumus yang telah ditentukan. Data skor hasil belajar siswa dikategorikan dengan menggunakan teknik kategorisasi standar bahwa ketuntasan belajar setiap indikator yang telah ditetapkan dalam suatu kompetensi dasar berkisar antara 0-100% dengan menggunakan skala empat.Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pendekatan Reciprocal Teaching, kemampuan membaca teks laporan hasil observasi siswa kelas X TKJ SMK Budi Bangsa Pinrang pada tahap perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi meningkat. Guru mata pelajaran dinilai berhasil meningkatkan dan melakukan perencanaan pembelajaran dengan hasil baik. Tahap tindakan, siswa mengalami perubahan sikap sesuai lembar observasi menjadi lebih baik. Tahap evaluasi, hasil tes kemampuan membaca teks laporan hasil observasi dengan memperhatikan aspek isi, struktur teks, kosakata, kalimat, dan mekanik menunjukkan bahwa pada siklus I siswa belum mencapai tingkat ketuntasan yang telah ditentukan. Pada siklus II siswa sudah mencapai ketuntasan dalam pembelajaran Kemampuan Membaca Teks Laporan Hasil Observasi. Siswa yang tuntas pada siklus I sebesar 38,71% meningkat menjadi 90,32%, sedangkan nilai rata-rata siswa pada siklus I, yaitu 72,87 meningkat menjadi 81,23 pada siklus IIBerdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pendekatan Reciprocal Teaching dapat meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Laporan Hasil Observasi pada siswa kelas X TKJ SMK Budi Bangsa Pinrang setelah dilaksanakan dalam dua siklus. ABSTRACT MUHAMMAD YUSUF YUNUS. 2015. The Improvement of Reading Skills on Observation Text Reposrts through Reciprocal Teaching Model Approach in Class X TKJ SMK Budi Bangsa Pinrang (supervised by Ansari and Munirah). This is a classroom action research which aims to describe the planning, implementation, and improvement of Reading Skills on Observations Text Reports in class X TKJ SMK Budi Bangsa pinrang by applying reciprocal teaching model approach. Samples were 31 students of class X TKJ SMK Budi Bangsa Pinrang of academic year 2014-2015. This study was conducted in two cycles, namely cycle I and cycle II. Each cycle consisted of two meetings, where on the first and second cycle used observation sheets to axamine students’ attitude during the learning process. Reading skills test on observation text report was also conducted as a bancmark of students’ reading ability in a form of an essays test. The assessment standard of the test was based on a minimum completeness criterion (KKM) in school, which was 75. Data on learning outcomes was analyzed quantitatively by recapping the score obtained by the students, determining the maximum score, and calculating the result percentage of students with the set formula. Data of students’ learning result score was categorized by using the standard categorization techniques that the learning mastery of any indicator set in a basidc competency ranged from 0-100% using a scale of four the results of the study indicates that through the reciprocal teaching model approach, the reading skills on observations text reports in class X TKJ SMK Budi Bangsa Pinrang in terms of planning, implementation, observation, and evaluation is improve. The subject teachers are considered successful in improving learning and planning with good result. At the action stage, the students have better attitude hanged proved by observation sheet. At the evaluation stage, the results of reading tests on the aspects of content, text structure, vocabulary, sentences, and mechanics show that students have not reached the predetermined level of completeness on the first cycle. The second cycle, students, have already achieved mastery in learning ability of reading observation text reports. Studets’ mastery on the first cycle is 38,71% improve to 90,32%; where as, the students’ average score on cycle I is 72,87% improve to 81,23% on cycle II. Based on the results of the study, it is concluded that the reciprocal teaching model approach can increase the reading skills of observations text reports in class X TKJ SMK Budi Bangsa Pinrang after two cycles had been conducted.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Dec 2016 06:55
Last Modified: 13 Dec 2016 06:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1746

Actions (login required)

View Item View Item