Bentuk Interaksi Sosial Anak Tunagrahita di Sekolah

Bastiana, Bastiana (2014) Bentuk Interaksi Sosial Anak Tunagrahita di Sekolah. The Impemetation of Inclusive Education in Developed and Developing Countries . UNESA Surabaya, Surabaya. ISBN 978-979-028-715-0

[img] Text
Bentuk Interaksi Sosial Anak Tunagrahita di Sekolah.docx

Download (29kB)

Abstract

Anak tunagrahita membutuhkan kehidupan sosial baik di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, maupun di lingkungan masyarakat. Untuk bisa terlibat dan mempunyai peranan dalam kehidupan sosialnya, anak tunagrahita harus berinteraksi dengan lingkungan dimanapun berada. Di sekolah anak tunagrahita berinteraksi dengan anak tunagrahita dan anak berkebutuhan khusus yang lain baik secara individu maupun secara kelompok. Interaksi sosial tidak selamanya menunjukkan adanya kerja sama antar individu, tetapi interaksi sosial dalam wujudnya dapat juga terjadi dalam bentuk persaingan. Bahkan yang mengkhawatirkan jika interaksi sosial itu berwujud konflik karena dapat mengakibatkan perpecahan. Anak tunagrahita sebagai bagian dari masyarakat dan dalam kodratnya sebagai mahluk sosial, tidak terlepas dari bentuk-bentuk interaksi sosial. Kecenderungan ke arah bentuk interaksi sosial yang ditunjukkan oleh anak tunagrahita dalam berhubungan dengan orang lain akan dipengaruhi oleh kekhususan yang dimiliki oleh anak tunagrahita.

Item Type: Book
Subjects: PASCASARJANA > SOSIOLOGI - (S3)
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Dr Bastiana Bastiana
Date Deposited: 02 Apr 2020 08:08
Last Modified: 02 Apr 2020 08:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17458

Actions (login required)

View Item View Item