Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek ditinjau dari Gaya Belajar Audio-Visual dan Kinestetik terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palopo

Limbong1, Anita (2015) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek ditinjau dari Gaya Belajar Audio-Visual dan Kinestetik terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palopo. Diploma thesis, UNIVESITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Anita Limbong 2015.doc

Download (204kB)

Abstract

Abstrak. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek ditinjau dari Gaya Belajar Audio-Visual dan Kinestetik terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palopo Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui: (1) seberapa besar peningkatan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran proyek ditinjau dari gaya belajar audio-visual; (2) seberapa besar peningkatan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran proyek ditinjau dari gaya belajar kinestetik. Desain Penelitian yang digunakan adalah desain pre-test and post-test group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palopo, sedangkan sampelnya adalah kelas XI IPA 2 dengan jumlah peserta didik 37 orang. Dari kusioner gaya belajar yang diberikan kepada peserta didik didapatkan bahwa untuk peserta didik dengan gaya belajar audio-visual sebanyak 28 orang dan peserta didik dengan gaya belajar kinestetik sebanyak 9 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar pada materi Fluida berupa Pretest dan Posttest. Hasil analisis dekskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata tes hasil belajar peserta didik pada Pretest untuk gaya belajar audio-visual adalah 17,71 sedangkan untuk peserta didik dengan gaya belajar kinestetik adalah 17,56. Untuk skor rata-rata tes hasil belajar peserta didik pada Posttest untuk gaya belajar audio-visual adalah 23,50 sedangkan untuk peserta didik dengan gaya belajar kinestetik adalah 25,56. Dari hasil analisis ini menunjukkan bahwa skor rata-rata tes hasil belajar peserta didik kelas XI IPA2 SMA Negeri 6 Palopo setelah diajar dengan menggunakan model pebelajaran berbasis proyek baik yang memiliki gaya belajar audio-visual maupun kinestetik mengalami peningkatan dari skor rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek. Kata Kunci : Gaya Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Abstract. The Application of Project Based Learning Model Viewed from the Audio-Visual Learning Style and Kinesthetic toward Physics Learning Result of Class XI IPA Students at SMAN 6 Palopo The study is a quasi-experiment which aims at examining (1) the improvement of students learning result in Physics subject taught by employing project based learning model viewed from audio-visual learning style, (2) the improvement of students learning result in Physics subject taught by employing project based learning model viewed from kinesthetic learning style. The research design employed pre-test and post-test group design. The population of the study as the students of grade XI IPA at SMAN 6 Palopo; whereas, the sample was grade XI IPA2 with the total of 37 students. Based on the learning style questionnaire given to the students, it was obtained that audio-visual style was 28 students an kinesthetic style was 9 students. Data of the research were obtained from the result on Fluids lesson material in forms of pre-test and post-test. The result of descriptive analysis indicates that the mean score of the pre-test of audio-visual students is 17,71 and 17,56 is kinesthetic students. The mean score of the post-test of audio-visual students is 23,50 and 25,56 is kinesthetic students . The result of analysis indicates that the mean score students learning result in class XI IPA2 at SMAN 6 Palopo after being taught by employing project based learning model who have audio-visual learning style an kinesthetic learning style is greater than mean score of students learning result before being taught by employing project based learning model. Keywords : Learning style, Learning result, Learning model

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > FISIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Dec 2016 06:41
Last Modified: 13 Dec 2016 06:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1740

Actions (login required)

View Item View Item