“Keefektifan Media Lagu dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Siswa Kelas IX SMPN 3 SATAP Balocci Kabupaten Pangkep”.

Magfirah, Magfirah (2015) “Keefektifan Media Lagu dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Siswa Kelas IX SMPN 3 SATAP Balocci Kabupaten Pangkep”. Diploma thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Magfirah.docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK Magfirah. 2015. “Keefektifan Media Lagu dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Siswa Kelas IX SMPN 3 SATAP Balocci Kabupaten Pangkep”. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar (Dibimbing oleh Syamsudduha dan Muhammad Saleh). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan menulis cerpen tanpa menggunakan media lagu siswa kelas IX SMPN 3 SATAP Balocci; (2) mendeskripsikan kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan media lagu siswa kelas IX SMPN 3 SATAP Balocci; dan (3) membuktikan keefektifan penggunaan media lagu dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas IX SMPN 3 SATAP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 3 SATAP Balocci, pada pertemuan pertama dilaksanakan pembelajaran secara langsung atau pembelajaran menulis cerpen tanpa menggunakan media lagu dan dijadikan sebagai kelas/kelompok kontrol. Pada pertemuan kedua diadakan pembelajaran menggunakan media lagu dan dijadikan sebagai kelompok/kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik analisis tes. Keseluruhan data yang diperoleh dianalisis melalui beberapa tahap: (1) membuat daftar skor mentah; (2) membuat distribusi frekuensi dari skor mentah; (3) menentukan frekuensi kuantitatif perolehan nilai; (4) menentukan patokan tingkat penguasaan; dan (5) pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan menulis cerpen tanpa menggunakan media lagu siswa kelas IX SMPN 3 SATAP 1 Balocci pada kelas kontrol dikategorikan sedang dengan nilai rata-rata 72,67; (2) kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan media lagu pada kelas IX SMPN 3 SATAP Balocci pada kelas eksperimen dikategorikan tinggi dengan nilai rata-rata 84,03; (3) media lagu efektif diterapkan pada pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas IX SMPN 3 SATAP Balocci Kabupaten Pangkep dengan nilai t hitung = 6,280 lebih besar dari nilai t tabel = 2,01808 pada taraf nyata 0,05. Sesuai hasil penelitian ini diajukan saran: (1) diharapkan Guru Bahasa Indonesia dapat menerapkan media lagu dalam pembelajaran menulis karena pembelajaran dengan media ini dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa; (2) penerapan berbagai metode dan media pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada intinya adalah suatu langkah atau usaha untuk meningkatkan minat belajar siswa, sehinggga perlu dibuat yang menarik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran; (3) dari keterbatasan penelitian pembelajaran menulis siswa yang hanya dilakukan pada satu tema saja, maka diharapkan pembelajaran selanjutnya dengan media lagu dapat menggunakan tema yang bervariasi agar siswa termotivasi untuk lebih mengembangkan imajinasinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:57
Last Modified: 25 Apr 2016 06:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/174

Actions (login required)

View Item View Item