PENGGUNAAN KEKUASAAN GURU DALAM KELAS (STUDI KASUS DI SMA MUHAMMADIYAH 1 UNISMUH MAKASSAR)

JALIL, ABDUL (2019) PENGGUNAAN KEKUASAAN GURU DALAM KELAS (STUDI KASUS DI SMA MUHAMMADIYAH 1 UNISMUH MAKASSAR). Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
2. HALAMAN DEPAN.docx

Download (33kB)
[img] Text
2. HALAMAN DEPAN.docx

Download (33kB)

Abstract

ABSTRAK Abdul Jalil, 2019. Penggunaan Kekuasaan Guru Dalam Kelas (Studi Kasus Di SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar). Skripsi ini dibimbing oleh Supriadi Torro dan M.Ridwan Said Ahmad. Program Studi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Gambaran kekuasaan guru dalam kelas pada siswa SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar dan 2) Dampak kekuasaan guru dalam kelas pada siswa SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik dalam menentukan informan menggunakan purposive sampling dengan informan berjumlah 16 orang. Adapun kriteria informan yaitu berstatus sebagai siswa di SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar. Siswa kelas XI dan XII yang diajar oleh guru yang cenderung otoriter. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif tipe deskriptif melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Gambaran kekuasaan dan otoriter guru dalam kelas pada siswa SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar yaitu merupakan guru yang kekuasaanya diterapkan dalam bentuk memerintah, mempengaruhi, pemberian sanksi, mengendalikan serta kewenangan mutlak. 2) Dampak kekuasaan guru dalam kelas pada siswa SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar yaitu membentuk karakter maupun nilai akademik siswa dan menimbulkan rasa takut siswa terhadap guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Sosiologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 03 Mar 2020 03:15
Last Modified: 03 Mar 2020 03:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17355

Actions (login required)

View Item View Item