Efektivitas Pelatihan Kecakapan Hidup dalam Membangun Sikap Kewirausahaan (Studi pada Program Wirausaha Baru Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan)

TARIYONO, TRIASIH (2020) Efektivitas Pelatihan Kecakapan Hidup dalam Membangun Sikap Kewirausahaan (Studi pada Program Wirausaha Baru Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan). Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
SKRIPSI TRIASIH TARIYONO 1594043049.docx

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Triasih Tariyono. 2019. Efektivitas Pelatihan Kecakapan Hidup dalam Membangun Sikap Kewirausahaan (Studi pada Program Wirausaha Baru Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan). Skripsi. Fakultas Ekonomi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Universitas Negeri Makassar. Pembimbing I Muhammad Hasan, S. Pd., M. Pd. dan Pembimbing II Muhammad Dinar, S. E., MS. Penelitian ini mendeskripsikan efektivitas dari pelatihan kecakapan hidup dalam membangun sikap kewirausahaan pada program wirausaha baru di Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan metode analisis interaktif diantaranya pengumpulan data, menyeleksi data, menganalisis data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pelatihan kecakapan hidup pada program wirausaha baru dalam membangun sikap kewirausahaan sudah cukup efektif. Dilihat dari beberapa tahapan ukuran dalam efektivitas diantaranya Ketepatan penentuan waktu selama tiga hari dua malam yang cukup untuk peserta dalam memahami materi; Ketepatan perhitungan biaya yang diambil dari anggaran Pemerintah yang diatur dalam Peraturan Gubernur No. 10 Tahun 2014; Ketepatan dalam keberhasilan dalam menciptakan wirausaha baru mandiri, terbentuknya kelompok usaha, dan mendapatkan bantuan modal; Ketepatan pemilihan instruktur yang berkompeten dan fasilitas yang memadai; Ketepatan berpikir terkendala pada orang-orang yang mendaftarkan peserta yang tidak begitu tertarik pada dunia bisnis; Ketepatan melaksanakan perintah dalam menyusun proposal bisnis, walaupun ada beberapa peserta kurang disiplin dalam pengembangan usahanya setelah mendapat dana hibah; Ketepatan dalam menentukan tujuan yaitu dengan melahirkan wirausaha yang mandiri untuk kehidupan yang lebih baik dan meningkatkan wawasan serta keterampilan berwirausaha; dan Ketepatan sasaran pada pihak Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel yang memilih fasilitator yang kompeten dibidangnya. Beberapa ukuran efektivitas tersebut mampu melahirkan sikap kewirausahaan dalam diri peserta pelatihan dalam hal kepercayaan diri, berorientasi pada tugas dan hasil, keberanian mengambil risiko, kreatif dan inovatif, dan berorientasi ke masa depan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI
FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 26 Feb 2020 05:57
Last Modified: 26 Feb 2020 05:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17267

Actions (login required)

View Item View Item