HUBUNGAN SIKAP BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI DI KOTA BIMA NUSA TENGGARA BARAT

AFDOAL, AFDOAL (2020) HUBUNGAN SIKAP BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI DI KOTA BIMA NUSA TENGGARA BARAT. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ABSTRAK JURNAL.docx

Download (20kB)
[img] Text
ABSTRAK JURNAL.docx

Download (20kB)

Abstract

Sikap merupakan kesiapan mental, yaitu suatu proses yang berlangsung dalam diri seseorang, bersama dengan pengalaman individual masing-masing, mengarah dan menentukan respon terhadap berbagai objek dan situasi sehingga mempengaruhi motivasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penilitian ex post facto yang bersifat korelasi ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri di Kota Bima, tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 7 sekolah. Jumlah siswa kelas XI dari ketuju sekolah tersebut sebanyak 583 siswa kemudian dilakukan pengambilan sampel secara random sampling dengan jumlah siswa 176 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket sikap belajar dan motivasi belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda. Hasil penilitian menunjukkan bahwa (1) tingkat sikap belajar termasuk dalam kategori“ positif”,. Sedangkan motivasi belajar siswa termasuk dalam kategori “tinggi”,(2) terdapat hubungan sangat kuat dan signifikan antara sikap belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. (3) Terdapat hubungan sangat kuat dan signifikan antara sikap belajar dengan hasil belajar. (4) terdapat hubungan kuat dan signifikan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar pada tarafnyata α=0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 24 Feb 2020 07:52
Last Modified: 24 Feb 2020 07:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17251

Actions (login required)

View Item View Item