UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEPAK SILA MELALUI MEDIA BOLA KARET DALAM PERMAINAN SEPAKTAKRAW PADA SISWA SMA NEGERI 7 KAB.PANGKEP

. RAUF, ABD (2020) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEPAK SILA MELALUI MEDIA BOLA KARET DALAM PERMAINAN SEPAKTAKRAW PADA SISWA SMA NEGERI 7 KAB.PANGKEP. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
jurnal.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ABD. RAUF.2019. Upaya Meningkatkan hasil Belajar Sepak Sila Melalui Media Bola Karet Pada Siswa SMA Negeri 7 Kab. Pangkep. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekrreasi. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Dr.Suwardi dan Dr. Ramli). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sepak sila dalam permainan sepaktakraw melalui media bola karet. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas / olahraga. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII di SMA Negeri 7 Kab. Pangkep, yang berjumlah 29 orang yang terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 20 orang siswa perempuan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis Deskriptif Kualitatif. Hasil Penelitian Menunjukkan bahwa : ada peningkatan hasil belajar sepak sila melalui media bola karet dalam permainan sepaktakraw pada siswa kelas XII SMA Negeri 7 Kab. Pangkep.Berdasarkan hasil rekapitulasi antara siklus setelah melalui pelaksanaan metode sepak sila menggunakan media bola karet siklus kedua menunjukkan bahwa kemampuan sepak sila dalam permainan sepaktakraw pada siswa kelas XII di SMA Negeri 7 kab. Pangkep mengalami peningkatan. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil pada siklus I terdapat 0 siswa (0,0%) dalam skala 5 (baik sekali) dan meningkat menjadi 5 siswa (17,2%), sehingga diperoleh peningkatan 17,2 % (17,2 % - 0,0 % ). Demikian pula pada skala 4 (kategori baik) menunjukkan bahwa pada siklus I terdapat 4 siswa (13,7 % ) dan meningkat menjadi 9 siswa (31,0 % ) sehingga diperoleh peningkatan 17,2 % (31,0 % - 13,7 %). Demikian pula pada skala 3 (kategori sedang ) menunjukkan bahwa pada siklus terdapat 13 siswa (44,8 %) dan meningkat menjadi 15 siswa (51,7 %) sehingga diperoleh peningkatan sebesar 6,8 % (51,7 % - 44,8 ). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui metode sepak sila dengan media bola karet yang dilaksanakan pada silus II memiliki peningkatan sebesar 41,2 % ( 17,2 % + 17,2 % + 6,8 % ) pada kemampuan sepak sila dalam permainan sepaktakraw pada siswa kelas XII di SMA negeri 7 Kab. Pangkep.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 21 Feb 2020 06:26
Last Modified: 21 Feb 2020 06:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17232

Actions (login required)

View Item View Item