PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGAMBAR BENTUK PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA TINGKAT SMP SE-DERAJAT

Arif, Musdalifah (2018) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGAMBAR BENTUK PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA TINGKAT SMP SE-DERAJAT. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
MUSDALIFAH ARIF, 1381040021, 2018.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Musdalifah Arif, 2018. Merancang Media Pembelajaran Menggambar Bentuk pada Tingkat SMP Se-Derajat. Skripsi. Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Pembimbing I: Abdul Azis Said, Pembimbing II: Yabu M. Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan menghasilkan media pembelajaran menggambar bentuk untuk siswa SMP se-derajat serta mengetahui proses pembuatan dan kelayakan bahan ajar tersebut. Metodelogi penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) dengan prosedur meliputi tahap: analisis kebutuhan materi ajar, perancangan produk awal, validasi, revisi untuk pengembangan materi dan media, uji coba produk, dan revisi untuk penyempurnaan produk akhir. Tahap analisis dilakukan dengan menyusun materi ajar beserta rinciannya yang terkait dengan pembelajaran, tahap perancangan awal produk dilakukan dengan membuat garis besar (outline) materi ajar dengan software pendukung untuk proses editing media berbasis program adobe flash, validasi kemudian dilakukan oleh para ahli terhadap media pembelajaran yang telah dihasilkan sementara (produk awal), pada tahap revisi dan pengembangan media pembelajaran dilakukan dengan menyesuaikan saran dan komentar para ahli, uji coba dilakukan secara acak terhadap 22 siswa dan guru SMPN 18 Makassar, dan tahap revisi selanjutnya dilakukan berdasarkan penilaian dan saran dari guru dan siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, studi pustaka, wawancara, dokumentasi dan angket, sedangkan analisis data dilakukan dengan deskriptif-kualitatif. Penelitian ini menghasilkan: (1) media pembelajaran interaktif berupa tampilan multimedia adobe flash tentang menggambar bentuk pada mata pelajaran seni budaya tingkat SMP se-derajat; dan (2) mengetahui data kelayakan media berdasarkan penilaian para ahli materi, ahli media, guru, dan siswa. Adapun manfaat dari penelitian ini yaitu : (1) Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran; (2) Membantu guru dalam memberikan penjelasan terinci dan pengayaan setiap bagian materi ajar, tanpa melakukan demo/peragaan di depan kelas; dan (3) Sebagai bahan pengembangan media pembelajaran seni rupa dan sumber belajar serta optimalisasi pemanfaatan fasilitas di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 20 Feb 2020 07:24
Last Modified: 20 Feb 2020 07:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17197

Actions (login required)

View Item View Item