KEMAMPUAN MEWARNAI GAMBAR MENGGUNAKAN KRAYON BAGI MURID TAMAN KANAK-KANAK AL ABRAR DESA KANANGA KECAMATAN BOLO KABUPATEN BIMA

Ruslin, Ruslin (2018) KEMAMPUAN MEWARNAI GAMBAR MENGGUNAKAN KRAYON BAGI MURID TAMAN KANAK-KANAK AL ABRAR DESA KANANGA KECAMATAN BOLO KABUPATEN BIMA. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (433kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ruslin, 2017.Kemampuan Mewarnai Gambar Menggunakan Krayon Bagi Murid Taman Kanak-kanak Al-Abrar Desa Kananga Kecamatan Bolo Kabupaten Bima . Dibimbing oleh Tangsi dan Hasnawati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kemampuan mewarnai gambar menggunakan krayon bagi murid Taman Kanak-kanak Al Abrar Desa Kananga Kecamatan Bolo Kabupaten Bima dan (2) kesulitan yang dialami dalam mewarnai gambar menggunakan krayon murid Taman Kanak-kanak Al Abrar Desa Kananga Kecamatan Bolo Kabupaten Bima. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang menganalisis data penelitian berupa angka-angka dengan menggunakan statistik sederhana. Populasi penelitian ini adalah murid Taman Kanak-kanak Al Abrar Desa Kananga Kecamatan Bolo Kabupaten Bima dengan jumlah murid keseluruhan 40 murid yang terdiridari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 murid. Teknik pemilihan Sampel yang digunakan adalah purpossive sampling yaitu menentukan Sampel dengan pertimbangan tertentu oleh peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumen, dan tes mewarnai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) kemampuan mewarnai gambar murid TK Al Abrar Desa Kananga Kecamatan Bolo Kabupaten Bima yaitu kategori sangat baik sebanyak 0 murid (0%), kategori baik sebanyak 13 murid (65%), kategori cukup baik sebanyak 5 orang (25%), kategori kurang baik sebanyak 1 murid (5%), kategori sangat kurang sebanyak 1 murid (5%). (2) kesulitan mewarnai gambar menggunakan krayon bagi murid Taman Kanak-kanak Al Abrar Desa Kananga Kecamatan Bolo Kabupaten Bima yaitu secara umum murid belum terbiasa menggunakan krayon untuk mewarnai gambar. Hal tersebut dapat dilihat pada saat proses mewarnai serta dari hasil tes mewarnai yang dilakukan menunjukkan bahwa beberapa murid masih salah dalam mengaplikasikan krayon, seperti cara menggenggam, teknik arsir, serta pemilihan warna yang tepat sesuai dengan contoh yang penulis sajikan. Kata kunci : kemampuan mewarnai, kesulitan mewarnai, krayon

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 18 Feb 2020 07:48
Last Modified: 18 Feb 2020 07:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17155

Actions (login required)

View Item View Item