PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PELAKSANAAN STUDI KHUSUS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA FAKULTAS SENI DAN DESAIN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Rizky, Nuzul (2018) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PELAKSANAAN STUDI KHUSUS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA FAKULTAS SENI DAN DESAIN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL NUZUL RIZKY 1381041037.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

Abstrak Penelitian ini adalah penelitian survei terhadap persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan studi khusus pada Program Pendidikan Seni rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar, dilakukan dengan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, dokumentasi, angket, dan wawancara. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) pelaksanaan studi khusus terhadap Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar dan (2) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan studi khusus terhadap Mahasiswa Program Studi Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Populasi penelitian ini, adalah mahasiswa angkatan 2013 yang telah melaksanakan studi khusus pada Program Studi Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar dengan jumlah 63 orang yang terdiri atas 3 kelas. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik secara acak (random sampling), yaitu jumlah sampel dalam penelitian ini ditetapkan sebanyak 30 mahasiswa. Hasil penelitian diketahui bahwa 1) Pelaksanaan pembimbingan studi khusus terhadap 2 mahasiswa Program Studi Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar sudah cukup baik, 2) Faktor pendukung pelaksanaan pembimbingan studi khusus, yaitu keterlibatan dosen pembimbing yang cukup baik yang selalu memberikan masukan, saran dan bebas memilih tema maupun media sesuai dengan kemampuan mahasiswa, 3) Faktor penghambat dalam pelaksanaan studi khusus, memerlukan biaya yang tidak sedikit, tidak adanya ruang studio yang khusus untuk matakuliah studi khusus shingga membuat proses konsultasi menjadi sulit dan dosen pembimbing yang kadang susah untuk ditemui. Kata kunci: Pelaksanaan, persepsi, survei, random sampling.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 18 Feb 2020 06:48
Last Modified: 18 Feb 2020 06:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17138

Actions (login required)

View Item View Item