TINJAUAN TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA ANGKATAN 2016 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA FAKULTAS SENI DAN DESAIN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR PADA MATA KULIAH SENI LUKIS II

Hariadi, Ganis (2020) TINJAUAN TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA ANGKATAN 2016 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA FAKULTAS SENI DAN DESAIN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR PADA MATA KULIAH SENI LUKIS II. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL GANIS.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ganis Hariadi, NIM 1481041001, 2018. Tinjauan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa angkatan 2016 pada Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar dalam Melukis Cat Minyak pada Mata Kuliah Seni Lukis II, Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar, Dibimbing oleh: Prof. Dr. H. Abd. Aziz Ahmad, M.Pd. dan Drs. Yabu M., M.Sn. . Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluatif terhadap hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar dalam mata kuliah Seni Lukis II. Penelitian dilakukan dengan cara pengamatan terhadap hasil belajar mahasiswa yang tercermin pada Daftar Penilaian NilaiAkademik (DPNA) mata kuliah Seni Lukis II. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar mahasiswa dalam berkarya seni lukis teknik cat minyak. Populasi dalam penelitian ini adalah semua nilai peserta kuliah Seni Lukis II pada semester genap tahun akademik 2017/2018, khususnya mahasiswa angkatan 2016. Jumlah populasi yang diamati sebanyak 58 orang yang terdiri dari dua kelas, yakni kelas 01 sebanyak 33 orang dan kelas 02 sebanyak 25 orang. Teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif-kuantitatif dan teknik analisis deskriptif-kualitatif. Data yang bersifat kuantitatif dianalisis melalui teknik analisis deskriptif-kuantitatif, sedangkan data yang bersifat kualitatif dianalisis melalui teknik analisis deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa angkatan 2016 dalam berkarya seni lukis teknik cat minyak tergolong dalam kategori sangat baik. Kemampuan tersebut tercermin dari capaian hasil belajar yang dibuktikan dengan tingginya persentase yang memperoleh nilai tertinggi (kategori “Baik” dan kategori “Sangat Baik”) berdasarkan hasil penilaian dosen pengampu mata kuliah. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melukis teknik cata minyak pada mata kuliah Seni Lukis II dianggap berhasil dengan baik. Sekalipun demikian, kepada dosen pembina mata kuliah disarankan agar dalam pembinaan seni lukis di masa-masa yang akan datang lebih ditingkatkan lagi dalam upaya peningkatan prestasi hasil belajar mahasiswa. Kata Kunci: Tinjaun, hasil belajar, seni lukis, teknik cat minyak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 17 Feb 2020 05:10
Last Modified: 17 Feb 2020 05:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17076

Actions (login required)

View Item View Item