PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATERI TABEL PERIODIK UNSUR

Fitria, Ade (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATERI TABEL PERIODIK UNSUR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
3. ARTIKEL.pdf

Download (493kB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan mengembangkan LKPD berbasis HOTS pada materi Tabel Periodik Unsur yang valid, praktis dan efektif digunakan dalam melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4-D, yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Adapun yang dikembangkan adalah lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis HOTS. LKPD berbasis HOTS yang dikembangkan, kemudian divalidasi oleh dua orang ahli. Setelah validasi, lalu dilakukan uji coba yang dilakukan di SMA Negeri 2 Enrekang pada kelas X MIPA 6 dengan jumlah peserta didik sebanyak 34 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dihasilkan valid dengan nilai rata-rata kevalidan sebesar 3,73 dengan kriteria sangat valid. Kriteria praktis dan efektif juga terpenuhi, uji kepraktisan meliputi: (1) keterlaksanaan LKPD berbasis HOTS berada pada nilai rata-rata M = 1,79 dalam kategori (1,5 ≤ M ≤ 2,0) yang artinya aspek dan kriteria yang diamati berada pada kategori terlaksana seluruhnya, (2) peserta didik memberikan respon yang positif dengan persentase 47,06% sangat positif, 51.52% merespon positif dan (3) guru memberikan respon yang sangat positif dengan nilai rata-rata 3,42 yang berarti praktis dan tidak direvisi. LKPD berbasis HOTS ini juga memenuhi kriteria keefektifan, dengan hasil: (1) aktivitas belajar peserta didik dengan rata-rata 93 termasuk kriteria sangat aktif, (2) hasil belajar peserta didik memenuhi kriteria efektif dimana diperoleh rata-rata 58 dengan kriteria level kemampuan berpikir tingkat tinggi menurut Lewy (51 – 75) berada pada kategori baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa produk LKPD berbasis HOTS yang dikembangkan termasuk valid, praktis, dan efektif. Kata Kunci: LKPD berbasis HOTS, Tabel periodik unsur, Valid.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Feb 2020 07:06
Last Modified: 14 Feb 2020 07:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17064

Actions (login required)

View Item View Item