RANCANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS ANGKA DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Salenu, Fransiska Sinar (2018) RANCANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS ANGKA DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (764kB) | Preview

Abstract

abstrak Penelitian ini bertujuan untuk merancang bahan ajar pembelajaran menggambar menjadi lebih mudah dan praktis dengan menggunakan angka pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan pada taraf kuantitatif yaitu menganalisis data penelitian berupa angka-angka dengan menggunakan statistik sederhana kemudian dikelolah menjadi kualitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar. Sampel diperoleh masing-masing dari ahli media dan ahli materi. Teknik pengumpulan data/informasi yang digunakan adalah angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) dari penilaian aspek kualitas materi oleh ahli materi jumlah skor yang diberikan yaitu 920 dimana rata-rata dari skor tersebut yaitu 83,64 dari hasil penilaian tersebut dikatakan termasuk dalam kualitas layak (B), (2) dari penilaian aspek kualitas media oleh ahli media jumlah skor yang diberikan yaitu 1040 dimana rara-rata dari skor tersebut yaitu 80 dari hasil penilaian tersebut dikatakan termasuk dalam kualitas layak (B). Dalam perancangan bahan ajar harus memperhatikan berbagai hal, mulai dari materi hingga media yang digunakan dalam bahan ajar. Bahan ajar yang dikembangakan disesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan peserta didik agar mampu dimengerti dan dipahami dengan baik. Kata kunci : rancangan, pembelajaran, bahan ajar, menggambar, angka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 14 Feb 2020 02:22
Last Modified: 14 Feb 2020 02:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17056

Actions (login required)

View Item View Item