PEMBELAJARAN SENI KRIYA DARI BAHAN DASAR TEMPURUNG KELAPA BAGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 LAROMPONG KABUPATEN LUWU

Rahman, Abdul (2018) PEMBELAJARAN SENI KRIYA DARI BAHAN DASAR TEMPURUNG KELAPA BAGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 LAROMPONG KABUPATEN LUWU. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
23 ARTIKEL.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

THE LEARNING OF ARTS FROM COCONUT SHELL BASIS FOR CLASS XI CLASS 1 LAROMPONG HIGH SCHOOL STUDENTS LUWU DISTRICT Abdul Rahman, dibimbing oleh Ali Ahmad Muhdy Dan Yabu M jumardiahmar@gmail.com aliahmadmuhdy@gmail.com yabumallabasa@gmail.com ABSTRAK Permasalahan penelitian ini adalah “Pembelajaran Seni Kriya dari Bahan Dasar Tempurung Kelapa bagi Siswa Kelas XI SMAN 1 Larompong Kabupaten Luwu”. Penelitian ini adalah penelitian survei yang dilakukan di SMAN 1 Larompong Kabupaten Luwu. Tujuan penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses pembelajaran seni kriya dari bahan dasar tempurung kelapa di kelas XI SMAN 1 Larompong Kabupaten Luwu?, (2) Apa saja kendala yang dihadapi dalam pembelajaran seni kriya dari bahan dasar tempurung kelapa di kelas XI SMA Negeri 1 Larompong Kabupaten Luwu. Variabel penelitian ini adalah: (1) Proses pembelajaran seni kriya dari bahan dasar tempurung kelapa bagi Siswa Kelas XI SMAN 1 Larompong Kabupaten Luwu dalam mengolah limbah tempurung kelapa menjadi karya seni kriya (membuat lampu hias dan miniatur perahu pinisi); (2) kendala yang dihadapi oleh siswa dalam pembelajaran seni kriya dari bahan dasar tempurung kelapa bagi Siswa Kelas XI SMAN 1 Larompong Kabupaten Luwu. Teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, tes praktik berkarya seni kriya, dan dokumentasi karya siswa. Teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriftif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dalam pembelajaran seni kriya dari bahan dasar tempurung kelapa dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu tahap persiapan pembelajaran, tahap pelaksanaan, saat siswa melakukan aktivitas belajar atau pembelajaran (pembelajaran membuat lampu hias dan miniatur perahu pinisi); dan tahap penilaian (2) kendala dan pendukung yang dialami siswa dalam pembelajaran seni kriya antara lain adalah kurangnya siswa yang membawa alat dan bahan yang akan digunakan pada saat pembelajaran sehingga alat dan bahan yang digunakan sangat terbatas, adanya beberapa siswa yang tidak berminatdalam pembelajaran seni kriya, dan terbatasnya waktu untuk melakukan kegiatan praktik berkarya, sedangkan unsur yang mendukung iyalah alat dan bahan mudah didapat sehingga tidak memerlukan banyak biaya untuk membuat kerajinan dari tempurung kelapa. Kata kunci: Pembelajaran, kriya tempurung kelapa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 14 Feb 2020 01:26
Last Modified: 14 Feb 2020 01:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17036

Actions (login required)

View Item View Item