KEMAMPUAN MENCETAK CUKIL KAYU PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA ANGKATAN 2014 FAKULTAS SENI DAN DESAIN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Nashrullah, A.Muh. (2018) KEMAMPUAN MENCETAK CUKIL KAYU PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA ANGKATAN 2014 FAKULTAS SENI DAN DESAIN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (310kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kuantitatif yang bertujuan untuk kemampuan pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar dalam Kemampuan mencetak cukil kayu. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa angkatan tahun 2014 sebanyak dengan 84 orang mahasiswa.Sampel dalam penelitian ini penilitian ini adalah seluruh populasi menjadi sampel..Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, Tes praktek dan dokumentasi. Data digunakan analisis kuantitatif .Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada umumnya mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa angkatan 2014 telah mampu mencetak cukil kayu.Faktor pendukung dalam mencetak woodcut (cukil kayu) yaitu mahasiswa sangat tertarik mempelajari mencetak woodcut (cukil kayu) terutama tugas yang diberikan adalah tugas mencetak pada media kertas dan media baju kaos. Yang menjadi Faktor penghambatya itu minimnya kemampuan mahasiswa Program Studi Seni Rupa angkatan 2014 dalam menguasai aplikasi skectsa sehingga kebanyakan dari mahasiswa angkatan 2014 membuat desain dengan cara menggambar manual. Penulis menyarankan untuk menguasai menciptakan karya desain, mahasiswa perlu latihan khusus dan serius dalam penggunaan aplikasi skectsa Memberikan pelatihan khusus dalam proses penggunaan aplikasi pengalaman menggambar manual agar mahasiswa mampu menciptakan karya-karya kreatif dan inovatif sehingga pada saat menjadi alumni kelak mampu menjadi tenaga pengajar yang handal, khususnya dibidang Grafis 1 woodcut (cukil kayu) dengan teknik cukil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 14 Feb 2020 01:25
Last Modified: 14 Feb 2020 01:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17035

Actions (login required)

View Item View Item