EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA WORD SQUARE BERBASIS KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN SENI TARI KELAS VIII SMPN 3 POLEWALI

Dwiputri, Irfa Aulia (2018) EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA WORD SQUARE BERBASIS KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN SENI TARI KELAS VIII SMPN 3 POLEWALI. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
IRFA AULIA DWIPUTRI, 1182040221, 2018.pdf

Download (28MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Irfa Aulia Dwiputri, 1182040221. Efektivitas Penerapan Media Word Square Berbasis Kooperatif Tipe STAD Pada Mata Pelajaran Seni Tari Kelas VIII SMPN 3 Polewali, Program Studi Pendidikan Sendratasik, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar, 2018. Penelitian ini menelaah Efektivitas Penerapan Media Word Square Berbasis Kooperatif Tipe STAD Pada Matapelajaran Seni Tari Kelas VIII SMPN 3 Polewali. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana penerapan media word square berbasis kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran seni tari kelas VIII SMPN 3 Polewali. (2) bagaimana efektivitas penerapan media word square berbasis kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran seni tari kelas VIII SMP Negeri 3 Polewali. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen masing-masing sebanyak 15 orang. Pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Dalam penelitian ini, dilakukan dua bentuk observasi yaitu observasi keterlaksanaan dan observasi aktivitas siswa. Angket dibuat empat jenis yaitu angket respon siswa menggunakan media word square berbasis kooperatif tipe STAD, angket respon siswa menggunakan pengajaran langsung, angket respon siswa terhadap proses pembelajaran dengan menggunakan media word square berbasis kooperatif tipe STAD, dan terakhir, angket respon siswa terhadap proses pembelajaran pengajaran langsung. Pertemuan dilaksanakan selama lima kali. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa prestasi belajar seni tari peserta didik kelas VIII.B SMP Negeri 3 Polewali setelah diterapkan pembelajaran tipe STAD menunjukkan persentase ketuntasan peserta didik secara klasikal mencapai 88,89%. Sedangkan Prestasi belajar seni tari peserta didik kelas VIII.C SMP Negeri 3 Polewali setelah diterapkan pengajaran langsung (kelompok kontrol) menunjukkan persentase ketuntasan peserta didik secara klasikal mencapai 78,06%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 13 Feb 2020 07:51
Last Modified: 13 Feb 2020 07:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/17028

Actions (login required)

View Item View Item