PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN APRESIASI SISWA DALAM MATA PELAJARAN MUSIK NUSANTARA KELAS XII SMA NEGERI 2 BAUBAU

Wisjayanti, Wisjayanti (2018) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN APRESIASI SISWA DALAM MATA PELAJARAN MUSIK NUSANTARA KELAS XII SMA NEGERI 2 BAUBAU. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNALKU-converted.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK WISJAYANTI, Peningkatan Apresiasi Siswa pada Pembelajaran Seni Musik Dengan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas XII IA2 SMA Negeri 2 Baubau. Skripsi Jurusan Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Pembimbing I Tony Mulumbot, S.Sn., M.Hum. dan Pembimbing II Khaeruddin S.Sn., M.Pd. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan apresiasi siswa pada Pembelajaran Seni Musik Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) XII IA2. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Baubau kota Baubau, dengan memilih kelas XII IA2, terdapat 32 orang siswa sebagai sampel, sedangkan pengumpulan data menggunakan observasi, tes unjuk kerja, dan dokumentasi. Untuk menjelaskan keberhasilan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan apresiasi siswa menggunakan Siklus I dan Siklus II, sedangkan untuk menjelaskan deskripsi penelitian yang berkaitan dengan Rumusan Masalah dianalisis dengan menggunakan analisis; berdasarkan data yang diperoleh di lapangan. Data yang terkumpul dapat berupa gambar, foto, dokumen, artikel dan sebagainya. Setelah dilakukan analisa data maka diperoleh Hasil dari Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan apresiasi dan prestasi belajar siswa kelas XII IA2 di SMA Negeri 2 Baubau dalam pembelajaran seni musik (Musik Nusantara). Hal ini terbukti secara empiris pada siklus I terdapat 40,62% siswa yang mencapai KKM penelitian yang diterapkan, dan pada siklus II meningkat 93,75%. Kata kunci: Apresiasi (X). Hasil Belajar Siswa (Y)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 12 Feb 2020 07:54
Last Modified: 12 Feb 2020 07:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16992

Actions (login required)

View Item View Item