Pengaruh Kreativitas Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Pangkep

MINAWATI, MINAWATI (2020) Pengaruh Kreativitas Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Pangkep. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
1592042014-MINAWATI-PEND.AKUNTANSI-JURNAL.pdf

Download (775kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh kreativitas guru terhadap motivasi belajar siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Pangkep. Variabel dalam penelitian ini adalah kreativitas guru sebagai variabel bebas dan motivasi belajar sebagai variabel terikat. Populasinya seluruh siswa Kelas XI kompetensi keahlian akuntansi dan keuangan lembaga di SMK Negeri 1 Pangkep yang terdiri dari 98 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh dengan sampel sebanyak jumlah populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS 25 for windows. Uji instrumen terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Sementara uji hipotesis terdiri dari analisis regresi linear sederhana, analisis korelasi pearson product moment, koefisien determinasi, dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, maka diperoleh model persamaan regresi linear sederhana Y’ = 41,333 + 0,886X yang berarti kreativitas guru berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa yang mana tiap penambahan 1 nilai kreativitas guru, maka nilai motivasi belajar siswa mengalami peningkatan 0,886. Dari hasil analisis korelasi product moment (r) diperoleh nilai r=0,691 yang berada pada interval 0,600-0,799 memiliki hubungan yang kuat antara kreativitas guru terhadap motivasi belajar siswa. Dari hasil analisis koefisien determinasi (R2 ) diperoleh nilai R2= 57,6% yang berarti kreativitas guru memiliki kontribusi kepada motivasi belajar siswa sebesar 57,6 persen sedangkan sisanya 42,4 persen dipengaruhi oleh faktor lain. Sementara dari hasil analisis uji-t diperoleh nilai signifikan 0,000<0,05 yang berarti kreativitas guru berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa, dengan demikian hipotesis diterima. Kata Kunci : Kreativitas Guru, Motivasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 11 Feb 2020 03:51
Last Modified: 11 Feb 2020 03:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16901

Actions (login required)

View Item View Item