Pengembangan Instrumen Pemantauan Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Berdasarkan Persepsi Guru di Kabupaten Donggala

ILMIATI, RAHMA (2015) Pengembangan Instrumen Pemantauan Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Berdasarkan Persepsi Guru di Kabupaten Donggala. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
RAHMA ILMIATI,.docx

Download (29kB)

Abstract

ABSTRAK RAHMA ILMIATI, Pengembangan Instrumen Pemantauan Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Berdasarkan Persepsi Guru di Kabupaten Donggala. (Dibimbing oleh Suradi Tahmir dan Muhammad Sidin Ali) Tujuan penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui hasil pengembangan instrumen pemantauan pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah di Kabupaten Donggala secara teoretis; (ii) untuk mengetahui hasil pengembangan instrumen pemantauan pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah di Kabupaten Donggala secara empiris. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan desain model pengembangan Djaali & Pudji Muljono. Instrumen yang dikembangkan dalam penelitian ini berbentuk kuesioner yang disusun dalam bentuk matriks dengan skala model Likert 5 kriteria. Pengembangan instrumen secara teoretis melalui tiga proses validasi yaitu (i) validasi muka menghasilkan 74 butir instrumen pada draft awal yang dinyatakan layak untuk digunakan; (ii) analisis butir instrumen secara kualitatif menghasilkan 12 butir pernyataan mengalami revisi sesuai saran validator, sehingga tetap terdapat 74 butir pernyataan yang dinyatakan layak untuk digunakan; (iii) validasi isi menghasilkan 17 butir pernyataan mengalami revisi serta 7 butir pernyataan dibuang, sehingga dihasilkan 67 butir pernyataan yang berasal dari 10 indikator yang dinyatakan layak untuk digunakan. Pengembangan instrumen secara empiris menyatakan bahwa 67 butir pernyataan, semuanya dinyatakan valid pada taraf signifikansi 0,01 (α = 1%). Pengujian validitas konstruk menunjukkan bahwa butir-butir yang berasal dari 1 indikator membentuk 1 faktor yang berarti bahwa butir-butir instrumen terbukti mencerminkan tujuan pengukuran yang terdapat pada indikator. Instrumen memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,99 yang berarti bahwa keandalan instrumen dinyatakan memuaskan. ABSTRACT RAHMA ILMIATI. 2014. The Development of Monitoring Instrument on the Implementation of Academic Supervision of Supervisors Based on Teachers’ Perceptions in Donggala District (supervised by Suradi Tahmir and Muhammad Sidin Ali). The purpose of this study is discover (i) the result of the implementation of the development of monitoring instrumen of academic supervision of supervisor theoretically in Donggala; (ii) the result of development of monitoring instrument on the implementation of academic supervision of supervisors empirically in Donggala. This study is a research and development using Djaali & Muljono development model design. The instrument developed was in questionnaire prepared in the form of matrix with Likert scale models with 5 criteria. Theoretically, the development of instrument conducted in three validation processes: (i) cover validation produces 74 items in initial drafts which declared as feasible to be used; (ii) validation of item instrument qualitatively produces 12 items of statements and should have revision based on suggestion from the experts which then obtained 74 items of statements were declared as feasible to be used; (iii) content validation produces 17 items of statements which needs revision and 7 items of statements are discarded, so there are 67 itmes of statements resulted from 10 indicators which are feasible to be used. Empirically, the development of instrument suggests that 67 items of statements, all are valid at the level of significance of 0.01 (α=1%). The test of construct validation shows that the items resulted from 1 indicator forms one factor meaning that the items of instrumentt proved to reflect the purpose of measuring indicated in indicators. The instrument has a coefficiebt reliability 0f 0.99 meaning that the reliability of the instrument is stated as satisfying.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Penlitian dan evaluasi Pendidikan
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Dec 2016 08:11
Last Modified: 07 Dec 2016 08:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1686

Actions (login required)

View Item View Item