Keefektifan Metode Pembelajaran Sistem Modul pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Seni Rupa pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar

Pusparani, Pusparani (2017) Keefektifan Metode Pembelajaran Sistem Modul pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Seni Rupa pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
PUSPARANI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pusparani, 2017. “Keefektifan Metode Pembelajaran Sistem Modul pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Seni Rupa pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh: Muhammad Rapi dan Yabu M. Permasalahan penelitian ini adalah keefektifan metode pembelajaran sistem modul pada mata kuliah strategi pembelajaran seni rupa pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui keefektifan penggunaan metode pembelajaran sistem modul pada mata kuliah strategi pembelajaran seni rupa. (2) Mengetahui kelemahan pada penggunaan strategi pembelajaran sistem modul pada mata kuiah strategi pembelajaran seni rupa. (3) Mengetahui kelebihan pada penggunaan strategi pembelajaran sistem modul pada mata kuliah strategi pembelajaran seni rupa. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan metode pembelajaran sistem modul pada mata kuliah strategi pembelajaran seni rupa pada Program Studi Pendidikan Seni Rupa angkatan 2013 kelas 1 berlangsung secara efektif. (2) Kelemahan dalam penggunaan metode pembelajaran sistem modul ialah terbatasnya materi ajar yang terdapat dan modul dan tampilan modul yang terlalu biasa. (3) Kelebihan dalam penggunaan metode pembelajaran sistem modul ialah mahasiswa memiliki buku pegangan sehingga dapat belajar mandiri dan proses perkuliahan berjalan secara sistematis dan terarah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 06 Feb 2020 05:14
Last Modified: 06 Feb 2020 05:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16836

Actions (login required)

View Item View Item