PERSEPSI SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN SENI BUDAYA SISWA KELAS XI MAN 1 MAKASSAR

Hakim, Lukmanul (2017) PERSEPSI SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN SENI BUDAYA SISWA KELAS XI MAN 1 MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (38kB) | Preview

Abstract

THE PERCEPTION OF STUDENTS AGAINST THE SUBJECTS CU CULTURE ART STUDENTS OF CLASS XI MAN 1 MAKASSAR Oleh: Lukmanul Hakim, Jurusan Pendidikan Seni Rupa, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar Abstrak Hal utama yang ingin dicapai dalam skripsi ini adalah Persepsi Siswa Kelas XI MAN 1 MAKASSAR Terhadap Mata Pelajaran Seni Budaya dan kendala apa yang dihadapi oleh siswa kelas XI MAN 1 Makassar dalam proses pembelajaran seni budaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauhmana tingkat pengetahuan, pandangan atau persepsi siswa terhadap mata pelajaran seni budaya sekaligus sebagai bahan evaluasi terhadap guru mengenai sistem penerapan mata pelajaran seni budaya kepada siswa kelas XI MAN 1 Makassar. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang melukiskan keadaan objek yang diteliti. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian (36%) dari keseluruhan siswa yang terdiri atas 56 orang, pengumpulan data dilakukan melalui angket dan obserpasi dokumentasi secara langsung. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif ragam presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi dan pembelajaran siswa terhadap mata pelajaran seni budaya sudah sangat baik dan memuaskan. Dari hasil penelitian ini telah didapat hasil sebagian besar siswa yaitu (99,99%) sudah paham tentang pentingnya pembelajaran kesenian dan kebudayaan. Kesimpulannya bahwa masih ada sebagian kecil (0,1%) siswa yang masih kurang memahami mata pelajaran seni budaya kelas XI, ini salah satu tugas guru atau pendidik untuk meningkatkan lagi strategi-strateginya dalam menerapkan pembelajaran seni budaya di kelas XI. Sedangkan kendala yang dihadapi siswa kelas XI MAN 1 Makassar dalam memahami mata pelajaran seni budaya terletak pada penerapan proses pembelajaran dan strategi penyajian materinya, kendala lain yaitu keterbatasan tenaga pendidik atau guru yang bisa memberikan pemahaman lebih mengenai seni dan mata pelajaran seni budaya

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Seni rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 06 Feb 2020 04:25
Last Modified: 06 Feb 2020 04:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16822

Actions (login required)

View Item View Item