PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN MENGAMBAR BENTUK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 WAJO

Aswandi, Aswandi (2017) PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN MENGAMBAR BENTUK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 WAJO. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ASWANDI 1381040006.pdf

Download (639kB) | Preview

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya kegiatan pengembangan materi pembelajaran menggambar bentuk oleh guru seni budaya pada khususnya siswa kelas XI SMA Negeri 4 Wajo Kabupaten Wajo. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan bahan ajar menggambar bentuk yang valid, praktis, efesien dan telah melalui proses pertimbangan berupa deskripsi oleh para ahli (axpert judgement) dari segi materi, media dan desain terkait dengan spesifikasi produk yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian terapan (Applied Research) adalah jenis penelitian yang bertujuan untuk mengaplikasikan teori-teori atau konsep-konsep yang diperoleh dari hasil penelitian dasar. Subjek penelitian adalah bahan ajar dan perangkat pembelajaran yang akan dikembangkan. Penelitian ini dilakukan dalam 2 tahap, yaitu tahap pendahuluan dan tahap pengembangan. Hasil penelitian pada tahap I (pendahuluan) berkaitan dengan pengumpulan informasi diperoleh data kualitatif dari hasil studi pustaka, buku dan materi yang berhubungan dengan gambar bentuk dan perencanaan terhadap penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Hasil penelitian tahap II (pengembangan) berkaitan dengan menyiapkan materi modul pembelajaran, mengembangkan draf modul pembelajaran, mengembangkan instrumen, dan validasi ahli. Adapun hasil dari penelitian pengembangan materi pembelajaran menggambar bentuk pada siswa kelas XI adalah perangkat pembelajaran dan media bahan ajar yang valid, kelayakan kevalidan diperoleh dari hasil validasi para ahli isi dan media. Hasil validasi para ahli media menunjukkan kriteria valid yakni hasil dari pengembangan telah disetujui oleh para validator. Kata Kunci : Pengembangan Materi Pembelajaran Menggambar Bentuk Abstract This research is motivated by the problem of the lack of development activities in form drawing learning materials by art and culture teachers in particular the 11th grade students of Wajo District 4 Wajo State High School. The purpose of this study is to develop teaching materials to draw valid, practical, efficient forms and have gone through a process of consideration in the form of descriptions by experts (material judgment) in terms of material, media and design related to the specifications of the products developed. This study uses the type of applied research (Applied Research) is a type of research that aims to apply theories or concepts obtained from the results of basic research. The research subjects are teaching materials and learning devices that will be developed. This research was conducted in 2 stages, namely the preliminary stage and the development stage. The results of the research in phase I (introduction) relating to the collection of information obtained by qualitative data from the results of literature studies, books and materials relating to drawing forms and planning for the preparation of learning implementation plans (RPP). The results of phase II research (development) are related to preparing the learning module material, developing a draft learning module, developing instruments, and expert validation. The results of the research on the development of form drawing learning materials for class XI students are learning devices and media for valid teaching materials, the validity of validity is obtained from the results of the validation of content experts and media. The validation results of media experts show valid criteria, the results of the development have been approved by the validators. Keywords: Development of Drawing Shape Learning Materials

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Seni rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 05 Feb 2020 07:34
Last Modified: 05 Feb 2020 07:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16802

Actions (login required)

View Item View Item