Kemampuan Menggambar Bentuk pada Siswa SMP Negeri 1 Sinjai selatan Kabupaten Sinjai

Ashar, Ashar (2017) Kemampuan Menggambar Bentuk pada Siswa SMP Negeri 1 Sinjai selatan Kabupaten Sinjai. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ASHAR-1281040007.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ashar, 1281040007. Kemampuan Menggambar Bentuk pada Siswa SMP Negeri 1 Sinjai selatan Kabupaten Sinjai. Skripsi: Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Permasalahanpenelitianiniadalahkemampuanmenggambarbentukpadasisw a SMP Negeri 1 Sinjai Selatan, Sertakendala yang dihadapi siswa dalam menggambar bentuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tingkat kemampuansiswa SMP Negeri 1 Sinjai Selatan dalam menggambar bentuk,serta kendala yang dihadapi oleh siswa dalam menggambar bentuk. Jenis penelitian ini adalah penelitian dekskriptif kualitatif.Sasaran penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Sinjai Selatan sebanyak 27 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa yaitu 798 orang siswa.kelas VII sebanyak 235 siswa, kelas VIII sebanyak 280 siswadansiswakelas IX sebanyak 265 dan jumlah keseluruhan kelas yaitu 27 kelas tetapi yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX.G dan IX.H dengan jumlah siswa sebanyak 59 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara diacak, jadi teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling.Teknik pengumpulan dataadalah dengan observasi, tes praktek, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis dekskriptif kualitatif dengan menggunakan perhitungan sederhana untuk mendapatkan nilai akhir siswa(nilai rata-rata).Hasilpenelitian, siswa SMP Negeri 1 Sinjai Selatan sangat kurang mampu dalam menggambar bentuk. Kendala yang dihadapi siswa adalah kurangnya pengetahuan tentang prinsip-prinsip dalam menggambar bentuk dan kurangnya pengetahuan dalam teknik-teknik menggambar bentuk dengan tepat walaupun siswa mengetahui teknik-teknik maupun prinsip-prinsip dalam menggambar bentuk tetapi siswa sulit menerapkan secara langsung. Siswa juga kurang motivasi dalam mengambar bentuk, kurangnya bakat dan minat siswa itu sendiri, serta tidak adanya bimbingan atau latihan khusus yang diprogramkan oleh sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 05 Feb 2020 07:31
Last Modified: 05 Feb 2020 07:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16801

Actions (login required)

View Item View Item