Upaya Peningkatan Kemampuan Melukis Teknik Tinta dan Pastel(Mixed media) Dengan penerapan Metode Demonstrasi Siswa Kelas VIII SMP Katolik Belibis Makassar

yunita Ugam, Anna marlin Y (2017) Upaya Peningkatan Kemampuan Melukis Teknik Tinta dan Pastel(Mixed media) Dengan penerapan Metode Demonstrasi Siswa Kelas VIII SMP Katolik Belibis Makassar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
skripsi nita.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Anna marlin Yunita Ugam. 2017. Upaya Peningkatan Kemampuan Melukis Teknik Tinta dan Pastel(Mixed media) Dengan penerapan Metode Demonstrasi Siswa Kelas VIII SMP Katolik Belibis Makassar Judul yang diteliti tentang Upaya Peningkatan Kemampuan Melukis Teknik Tinta dan Pastel (Mixed media) Dengan Penerapan Metode Demonstrasi Siswa Kelas VIII SMP Katolik Belibis Makassar. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran dalam upaya peningkatan kemampuan melukis teknik tinta dan pastel (mixed media) siswa kelas VIII SMP Katolik Belibis Makassar. (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dalam upaya peningkatan kemampuan melukis teknik tinta dan pastel (mixed media) siswa kelas VIII SMP Katolik Belibis Makassar. (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran dalam upaya peningkatan kemampuan melukis teknik tinta dan pastel (mixed media) siswa kelas VIII SMP Katolik Belibis Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode demonstrasi. Prosedur penelitian yang diterapkan meliputi; (1) survei pendahuluan ke sekolah, (2) pengamatan sebelum perlakuan, (3) Siklus I, (4) evaluasi, (5) Siklus II, dan (6) evaluasi atau hasil. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan/observasi terkendali dengan didukung wawancara, dokumentasi foto, serta tes penugasan. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi. hasil persentase peningkatan kemampuan pembelajaran seni lukis pada pra tindakan 19,2% dari 5 siswa yang masuk kriteria baik, siklus I menurun menjadi 11,6% dari 3 siswa, dan meningkat pada siklus II 27,0% dari 7 siswa, kategori cukup 38,4 dari 10 siswa menjadi 11 siswa persentase 42,3%, kriteria kurang 30,8% dari 8 siswa menjadi 19,2% dari 5 siswa, kriteria sangat kurang 19,2% 5 siswa menjadi 11,5% dari 3 siswa. Jadi disimpulkan bahwa aktivitas guru dalam mengarahkan materi kategori baik, dengan siswa dalam hasil pengamatan peneliti hasil observasi berhasil sehingga hasil akhir evaluasi mengalami peningkatan sebesar 3,9%. Peningkatan tersebut berdasarkan rekomendasi yang didapat dari pengamatan siklus I,

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 05 Feb 2020 07:22
Last Modified: 05 Feb 2020 07:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16799

Actions (login required)

View Item View Item