Analisis Soal Mid Semester Genap Bahasa Indonesia pada SMP Negeri 1 Watansoppeng Kabupaten Soppeng

SUARNI, HJ.SITTI (2015) Analisis Soal Mid Semester Genap Bahasa Indonesia pada SMP Negeri 1 Watansoppeng Kabupaten Soppeng. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
HJ.SITTI SUARNI.docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK HJ.SITTI SUARNI. Analisis Soal Mid Semester Genap Bahasa Indonesia pada SMP Negeri 1 Watansoppeng Kabupaten Soppeng. (dibimbing oleh Baso Intang Sappaile dan Patahuddin ). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Tingkat validitas dinilai dari aspek materi, konstruksi, bahasa dan distribusi jenjang ranah kognitif,.(2) Tingkat kesukaran, daya beda dan keefektifitas pengecoh (3) Reliabilitas soal mid semester genap mata pelajaran Bahasa Indonesia pada SMP Negeri 1 Watansoppeng. Penelitian ini bersifat ex post facto. Teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi dengan subjek penelitian peserta didik kelas IX di SMP Negeri 1 Watansoppeng. Jumlah lembar jawaban peserta didik yang diteliti adalah 222 lembar. Teknik analisis data penelitian ini analisis soal secara kualitatif berdasarkan kaidah penulisan soal, terdiri dari aspek materi, konstruksi dan bahasa, sedangkan secara kuantitatif mencakup analisis reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda dan efektifitas pengecoh dengan menggunakan r-bis pada komputer. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa soal mid semester genap mata pelajaran Bahasa Indonesia tahun pelajaran 2012-2013 pada SMP Negeri 1 Watansoppeng, dari analisis konsistensi antara penilai/ pakar terhadap validasi isi dengan nialai 0,87 menunjutkan butir soal adalah Valid. Berdasarkan analisis reliabilitas didapat koefesien 0,79 menunjutkan butir soal adalah reliabel. Berdasarkan analisis tingkat kesukaran,soal ini memiliki tingkat kesukaran sedang dengan besarnya indeks kesukaran rerata yaitu: 0,585 menunjukkan bahwa indeks kesukaran sedang. Berdasarkan analisis daya beda dengan besarnya indeks daya beda rerata yaitu: 0,334 berarti soal ujian mid semester mata pelajaran Bahasa Indonesia baik, sehingga dapat membedakan peserta didik yang berkemampuan tinggi dengan peserta didik yang berkemampuan rendah. Berdasarkan analisis efektifitas pengecoh sebagian besar butir soal memiliki distraktor yang berfungsi efektif yaitu; 62,2% butir soal memiliki distraktor yang efektif dan 37,8 % butir soal berdistraktor tidak efektif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas soal mid semester mata pelajaran Bahasa Indonesia pada SMP Negeri Watansoppeng tahun pelajaran 0212/2013 tergolong baik dari aspek materi, konstruksi dan bahasa, reliabel, tingkat kesukaran sedang dan daya beda baik, serta pengecoh berfungsi efektif, meskipun masih perlu adanya perbaikan pada beberapa butir soal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Penlitian dan evaluasi Pendidikan
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Dec 2016 07:53
Last Modified: 07 Dec 2016 07:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1679

Actions (login required)

View Item View Item