PENGARUH PROFITABILITAS DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP PEGHINDARAN PAJAK PADA PERUSAHAAN SEKTOR PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Sudih, Nurmadina (2020) PENGARUH PROFITABILITAS DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP PEGHINDARAN PAJAK PADA PERUSAHAAN SEKTOR PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Jurnal Skripsi-Nurmadina Sudih 1492141016-Akuntansi S1-Ekonomi.pdf

Download (237kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN. NURMADINA SUDIH. 2020. Pengaruh Profitabilitas dan Kepemilikan Institusional Terhadap Penghindaran Pajak pada Perusahaan Sektor Property dan Real estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Pembimbing: M. Ridwan Tikollah, S.Pd.,M.SA., dan Mukhammad Idrus, S.E.,M.Si.,Ak.,CA. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui pengaruh profitabilitas dan kepemilikan institusional secara simultan terhadap penghindaran pajak pada perusahaan sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, (2) Untuk mengetahui pengaruh profitabilitas dan kepemilikan institusional secara parsial terhadap penghindaran pajak pada perusahaan sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, (3) Untuk mengetahui yang mana diantara profitabilitas dan kepemilikan institusional yang lebih dominan berpengaruh terhadap penghindaran pajak pada perusahaan sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Variabel penelitian ini adalah: (1) Penghindaran pajak sebagai variabel terikat (Y) yang diukur dengan GAAP ETR, (2) Profitabilitas sebagai variabel bebas (X1) yang diukur dengan ROA, dan (3) Kepemilikan institusional sebagai variabel bebas (X2) yang diukur dengan membagi jumlah saham yang dimiliki institusi dengan jumlah saham yang beredar. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan sub sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2015-2017 yang berjumlah 40 perusahaan, sedangkan sampel adalah 20 perusahaan yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan uji koefisien regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan secara simultan variabel profitabilitas dan kepemilikan institusional berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak, secara parsial variabel profitabilitas tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak dan variabel kepemilikan institusional berpengaruh signifikan positif terhadap penghindaran pajak, variabel kepemilikan institusional berpengaruh dominan dibandingkan variabel profitabilitas terhadap penghindaran pajak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Feb 2020 06:23
Last Modified: 03 Feb 2020 06:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16775

Actions (login required)

View Item View Item