Kreativitas Siswa Kelas XI IPA dalam Membuat Kerajinan dari Bahan Limbah Gelas Plastik Di Madrasah Aliyah Negeri Suli Kabupaten Luwu

GRAPIARNA, GRAPIARNA (2020) Kreativitas Siswa Kelas XI IPA dalam Membuat Kerajinan dari Bahan Limbah Gelas Plastik Di Madrasah Aliyah Negeri Suli Kabupaten Luwu. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
GRAPIARNA, 1281041047, 2017.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK GRAPIARNA, 2017. Kreativitas Siswa Kelas XI IPA dalam Membuat Kerajinan dari Bahan Limbah Gelas Plastik Di Madrasah Aliyah Negeri Suli Kabupaten Luwu. Skripsi: Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Permasalahan utama penelitian ini adalah bagaimana kreativitas dan faktor-faktor yang mempengaruhi siswa kelas XI IPA dalam membuat kerajinan dari bahan limbah gelas plastik di Madrasah Aliyah Negeri Suli Kabupaten Luwu. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi tentang kreativitas siswa dalam membuat kerajinan dari bahan limbah gelas plastik, dan data tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kreativitas siswa kelas XI IPA dalam membuat kerajinan dari bahan limbah gelas plastik di Madrasah Aliyah Negeri Suli Kabupaten Luwu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA Madrasah Aliyah Negeri Suli dengan jumlah siswa keseluruhan 36 siswa dari 2 kelas, sampel dalam penelitian ini 36 siswa dengan menggunakan teknik pengumpulan sampel total, namun pada pelaksanaan penelitian 6 orang siswa tidak mengumpulkan karya kerajinan sehingga jumlah sampel menjadi 30 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) kreativitas siswa kelas XI IPA dalam membuat kerajinan dari bahan limbah plastik di Madrasah Aliyah Negeri Suli Kabupaten Luwu yaitu kategori sangat baik tidak ada, kategori baik sebanyak siswa 23 siswa (76,67 %), kategori cukup sebanyak 7 siswa ( 23,33%), kategori rendah tidak ada, dan kategori sangat rendah tidak ada. Faktor yang mempengaruhi diantaranya berupa faktor internal berupa minat, bakat dan motivasi, sedang faktor eksternal yang meliputi: sarana dan prasarana, bimbingan guru dan lingkungan sosial yang dapat menumbuhkan kreativitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Seni rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 31 Jan 2020 06:44
Last Modified: 31 Jan 2020 06:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16761

Actions (login required)

View Item View Item