MENINGKATKAN KEMAMPUAN TEKNIK DASAR BERMAIN BIOLA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MA’RANGN KABUPATEN PANGKEP

Amiruddin, Fajri (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN TEKNIK DASAR BERMAIN BIOLA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MA’RANGN KABUPATEN PANGKEP. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP FAJRI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fajri Amiruddin, 2017. Meningkatkan Kemampuan Tingkat Dasar Bermain Biola Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Ma’rang Kabupaten Pangkep. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan memperoleh data dan informasi tentang: (1) Bagaimana pengajaran biola dalam kegiatan ekstrakurikuler musik yang dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas X SMA Negeri 1 Ma’rang Kabupaten Pangkep (2) Bagaimana tingkat keterampilan bermain biola melalui kegiatan ekstrakurikuler siswa kelas X SMA Negeri 1 Ma’rang Kabupaten Pangkep. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi, wawancara, observasi dan praktik. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa: (1) Metode yang digunakan peneliti selaku guru pembimbing dalam proses pembelajaran bermain biola dalam kegiatan ekstrakurikuler kelas X SMA Negeri 1 Ma’rang ada tiga yaitu: metode ceramah, metode demonstrasi dan metode drill atau latihan. (2) Kemampuan siswa ditinjau dari indikator memahami solmisasi yang dilakukan tiga kali pertemuan selama 6 jam. Keterampilan siswa dalam memahami solmisasi dalam kegiatan ekstrakurikuler musik biola telah ditentukan dinyatakan Baik dan sangat baik, yaitu rata-rata 10 siswa atau 50% . Kemampuan siswa ditinjau dari indicator menyanyikan lagu Twinkle Little Star, yaitu rata-rata 8 siswa atau 40% dibandingkan jumlah persentase lainya. Hasil uji tes ini juga menunjukan pentingnya menguasai bahasa asing dalam proses pembelajaran musik. Sedangkan kemampuan siswa ditinjau dari indikator mampu memainkan instrument biola dengan baik. Pada indikator ketiga ini terdapat tiga aspek penilaian yaitu: Mampu memegang penggesek biola (bow), Mampu meletakkan dengan benar biola pada pundak, Mampu menggesekkan bow pada biola dengan baik. Hasil penilaian yang dilakukan pada 20 orang peserta dilihat pada tabel menunjukan bahwa, terdapat 3 orang siswa (15%) mendapatkan predikat nilai baik dan 10 orang siswa (50%) mendapatkan predikat nilai cukup, 7 orang siswa ( 35%) mendapatkan predikat nilai kurang. Dengan demikian data yang telah diperoleh melalui evaluasi tentang keterampilan bermain biola melalui kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan sebanyak dua kali evaluasi dengan tiga aspek penilaian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 31 Jan 2020 04:30
Last Modified: 31 Jan 2020 04:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16751

Actions (login required)

View Item View Item