Analisis Kompetensi Penelitian dan Pengembangan Pengawas Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Pinrang

ALIMUDDIN, ALIMUDDIN (2014) Analisis Kompetensi Penelitian dan Pengembangan Pengawas Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Pinrang. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ALIMUDDIN.doc

Download (34kB)

Abstract

ABSTRAK ALIMUDDIN, 2014. Analisis Kompetensi Penelitian dan Pengembangan Pengawas Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Pinrang (Dibimbing Oleh Patahuddin dan Kaharuddin Arafah). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi penelitian dan pengembangan pengawas sekolah menengah atas negeri di Kabupaten Pinrang pada aspek: menguasai pendekatan, jenis, metode penelitian dalam pendidikan, menentukan masalah kepengawasan untuk diteliti, menyusun proposal penelitian pendidikan, melaksanakan penelitian pendidikan, mengolah dan menganalisis data hasil penelitian, menyusun karya tulis ilmiah, memberikan bimbingan kepada guru tentang penelitian tindakan kelas, dan menyusun pedoman, panduan buku/modul. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah guru sekolah menengah atas negeri di Kabupaten Pinrang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Proportional Random Sampling. Data kompetensi penelitian dan pengembangan pengawas sekolah diambil dengan menggunakan kuesioner dengan model Skala Likert yang terdiri dari 4 pilihan jawaban, kemudian pengolahan data secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) kompetensi penelitian dan pengembangan pengawas sekolah menengah atas negeri di Kabupaten Pinrang pada aspek pendekatan, jenis dan metode penelitian dalam pendidikan secara umum amat baik, (ii) kompetensi penelitian dan pengembangan pengawas sekolah menengah Atas di Kabupaten Pinrang pada aspek menentukan masalah kepengawasan untuk diteliti dalam pendidikan secara umum amat baik, (iii) kompetensi penelitian dan pengembangan pengawas sekolah menengah atas di Kabupaten Pinrang pada aspek menyusun proposal penelitian secara umum amat baik, (iv) kompetensi penelitian dan pengembangan pengawas sekolah menengah atas negeri di Kabupaten Pinrang pada aspek melaksanakan penelitian pendidikan secara umum amat baik, (v) kompetensi penelitian dan pengembangan pengawas sekolah menengah atas negeri di Kabupaten Pinrang pada aspek mengolah dan menganalisis data hasil penelitian secara umum amat baik, (vi) kompetensi penelitian dan pengembangan pengawas sekolah menengah atas negeri di Kabupaten Pinrang pada aspek melakukan penulisan karya tulis ilmiah secara umum amat baik, (vii) kompetensi penelitian dan pengembangan pengawas sekolah menengah atas negeri di Kabupaten Pinrang pada aspek melaksanakan pembimbingan penelitian tindakan kelas (PTK) secara umum amat baik, (viii) kompetensi penelitian dan pengembangan pengawas sekolah menengah atas negeri di Kabupaten Pinrang pada aspek menyusun pedoman/panduan buku dan modul pengawas sekolah secara umum amat baik. ABSTRACT ALIMUDDIN, Analysis for research and development of supervisor’s competence in senior high school of pinrang region. (Under Guidance by Dr. Patahuddin, M.Pd and Dr. kaharuddin, M.Si) This Research Describes to know eight dimensions for research and development of supervisor’s competence in senior high school of pinrang region. Tehnics of data analysis that has been used are qualitative description and Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengawas Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Pinrang sebagian besar telah menguasai aspek pendekatan, statistic description. The results shows that: (1) Most of supervisors in senior high schoolof pinrang region have qualified aspect of approaching, kind and the method of research in education. (2) mos of supervisor in senior high schools of Pinrang region determinable any cases about supervising to be researched in education. (3) Most of supervisors in senior high schoolof pinrang region have captured aspect of making research proposal. Negeri di Kabupaten Pinrang sebagian besar dapat menentukan masalah kepengawasan untuk diteliti dalam pendidikan, (3) Pengawas Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Pinrang sebagian besar telah menguasai aspek menyusun proposal penelitian, (4) Pengawas Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Pinrang sebagian besar telah melaksanakan penelitian pendidikan, (5) Pengawas Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Pinrang sebagian besar telah menguasai mengolah dan menganalisis data hasil penelitian, (6) Pengawas Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Pinrang sebagian besar telah menguasai meyusun karya tulis ilmiah, (7) Pengawas Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Pinrang sebagian besar telah pelaksanaan pembimbingan penulisan karya tulis ilmiah dan penelitian tindakan kelas (PTK), (8) dalam menyusun pedoman/panduan buku dan modul pengawas sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Penlitian dan evaluasi Pendidikan
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Dec 2016 07:38
Last Modified: 07 Dec 2016 07:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1674

Actions (login required)

View Item View Item