PEMBELAJARAN TEATER PANTOMIM BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS B (TUNARUNGU) PADA KEGIATAN EKSTRAKULIKULER DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 MAKASSAR SENTRA PENDIDIKAN KHUSUS LAYANAN KHUSUS

Rahmaeni M,, Andi (2017) PEMBELAJARAN TEATER PANTOMIM BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS B (TUNARUNGU) PADA KEGIATAN EKSTRAKULIKULER DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 MAKASSAR SENTRA PENDIDIKAN KHUSUS LAYANAN KHUSUS. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANDI RAHMAENI. M.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Andi Rahmaeni M, 2017. Pembelajaran Teater Pantomim Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus B (Tunarungu) pada kegiatan ekstrakulikuler di Sekolah Luarbiasa Negeri 1 Makassar. Pembimbing I: Prusdianto, S.Pd.,M.Sn, Pembimbing II: Tonny Mulumbot, S.Sn, M.Hum Kata Kunci : Tunarungu, ekstrakulikuler, pantomim. Keterbatasan pendengaran pada siswa tunarungu menghambat akses informasi yang diterima secara tepat. Dalam berkomunikasi mereka menggunakan bahasa isyarat untuk menjembatani proses komunikasi. Meski demikian dengan segala keadaannya, bukan berarti mereka kehilangan kesempatan untuk berprestasi dan mengembangkan potensi mereka. Salah satu cara siswa tunarungu mengespresikan diri dan menyalurkan bakat ialah melalui pantomim. Karena dalam pantomim hanya menggunakan bahasa isyarat, mengekspresikan informasi melalui gerak tubuh, gestur dan mimik, yang merupakan modal utama sarana komunikasi siswa tunarungu. Tidak semua orang-orang normal dapat mengerti arti pesan yang ingin disampaikan oleh anak tunarungu melalui bahasa pokok mereka yaitu bahasa isyarat, sehingga ketika mereka melakukan pantomim mereka dapat mengekspresikan diri mereka kepada orang-orang di sekitarnya melalui peran dalam pertunjukan pantomim mereka menyampaikan sebuah pesan dari alur cerita yang di perankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Keadaan siswa tunarungu di SLB Negeri 1 Makassar. 2) Proses pembelajaran ekstrakulikuler pantomim bagi siswa berkebutuhan khusus B (tunarungu) di SLB Negeri 1 Makassar. 3) Pengaruh pembelajaran ekstrakulikuler pantomim bagi siswa berkebutuhan khusus B (tunarungu) di SLB Negeri 1 Makassar Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil yang didapatkan melalui penelitian ini ialah proses pembelajaran teater pantomim bagi siswa tunarungu menunjukkan bahwa pengaruh pantomim bagi siswa tunarungu merupakan hal yang menghibur, menjadi kesukaan dan hobi bagi siswa tunarungu. Sehingga pantomim menjadikan siswa tunarungu menjadi berani, memiliki banyak teman, dan menghasilkan prestasi serta membuat orang tua menjadi bangga. Melalui

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 31 Jan 2020 03:02
Last Modified: 31 Jan 2020 03:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16735

Actions (login required)

View Item View Item