PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DALAM MENCIPTA GERAK TARI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONSTEKTUAL DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 CINA KABUPATEN BONE

SAMSINAR, ALMI (2017) PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DALAM MENCIPTA GERAK TARI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONSTEKTUAL DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 CINA KABUPATEN BONE. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ALMI SAMSINAR.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ALMI SAMSINAR. 2017. Peningkatan Kreativitas Siswa dalam Mencipta Gerak Tari Melalui Model Pembelajaran Kontekstual di Kelas VIII SMP Negeri 1 Cina Kabupaten Bone. Skripsi. Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk menjawab masalah: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kontekstual pada pembelajaran seni tari di kelas VIII SMP Negeri 1 Cina, 2) Bagaimana Peningkatan Kreativitas siswa dalam Mencipta gerak tari melalui Pendekatan model pembelajaran kontekstual di kelas VIII SMP Negeri 1 Cina. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, di mana setiap siklus dilaksanakan selama tiga kali pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari empat langkah, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Cina yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 12 putra dan 15 putri.tehnik pengumpulan data penelitian menggunakan lembar observasi tes unjuk kerja, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian : 1) Penerapan model pembelajaran kontrekstual dilaksanakan sebanyak dua siklus, pada siklus I setelah penyajian materi ditahap awal, pada pertemuan selanjutnya pembelajaran dilaksanakan di luar kelas, setelah mengobservasi siklus I di temukan kendala-kendala dalam pembelajaran dan model pembelajaran kontekstual masih perlu di kembangkan, maka perlu dilanjutkan penerapan siklus II melaksanakan kembali pembelajaran tari dengan model pembelajaran kontekstual.dengan tahapan awal mengulang materi yang belum dipahami dan melaksanakan kegiatan inti dengan melaksakan pembelajaran diluar kelas atau observasi langsung keligkungan sekitar sehingga pemikiran siswa lebih terbuka dan merangsang ide – ide kreativitasnya dalam bereksplorasi. 2) Peningkatan menunjukkan hasil keseluruhan siswa pada siklus II sebesar 83,40% dengan masing-masing aspek penilaian Kreativitas antara lain, fluency dengan pencapaian sebesar 83,70%, aspek fleksibilitas 82,22%, aspek orisinilitas 87,40%, aspek elaborasi 83,70%, aspek redefinition 80%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat Peningkatan sebesar 56,44% Peningkatan dari Pra siklus sampai dengan Siklus II peningkatan Kreativitas siswa dalam pembelajaran tari melalui model pembelajaran kontekstual pada siswa VIII SMP Negeri 1 Cina Kabupaten

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 31 Jan 2020 02:31
Last Modified: 31 Jan 2020 02:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16730

Actions (login required)

View Item View Item