METODE PAKEM MELALUI PEMANFAATAN PROPERTI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PEMBELAJARAN SENI TARI DI KELAS XI MA DDI CAMBALAGI KABUPATEN MAROS

HARIS, ABD (2017) METODE PAKEM MELALUI PEMANFAATAN PROPERTI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PEMBELAJARAN SENI TARI DI KELAS XI MA DDI CAMBALAGI KABUPATEN MAROS. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Abstrak DLL.pdf

Download (594kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Abd. Haris, 2017. Metode Pakem Melalui Pemanfaatan Properti Untuk Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Seni Tari di Kelas XI MA DDI Cambalagi Kabupaten Maros. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sendratasik, Fakultas Seni dan Desain, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom Action Research), bertujuan untuk meningkatan kreativitas siswa dengan pemanfaatan properti setelah diterapkan metode Pakem dalam proses pembelajaran, mengetahui aktivitas belajar siswa yang terjadi selama di terapkan metode pakem. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA I MA DDI Cambalagi Kabupaten Maros yang berjumlah 25 orang. Data penelitian diperoleh dengan tes akhir setiap siklus I dan II. Analisis data dengan metode deskriptif yaitu membandingkan hasil belajar sebelum tindakan dengan hasil pembelajaran setelah tindakan. Setelah penerapan metode pakem dilaksanakan, hasil peningkatan kreativitas dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan, yaitu nilai rata-rata hasil peningkatan kreativitas pada siklus I sebesar 67,4 dan siklus II sebesar 75,6 . Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa penerapan metode pakem melalui pemanfaatan properti dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas XI IPA I mata mata pelajaran seni budaya (seni tari) MA DDI Cambalagi Kabupaten Maros

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 31 Jan 2020 02:15
Last Modified: 31 Jan 2020 02:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16726

Actions (login required)

View Item View Item