Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadapa Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA IT Wahdah Islamiyah Makassar

M. Yusril, M. Yusril (2020) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadapa Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA IT Wahdah Islamiyah Makassar. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-M. YUSRIL-1594040032.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. dengan subjek penelitian sebanyak 17 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa penggunaan lembar observasi pada saat berlangsungnya proses pembelajaran dan tes yang diberikan pada setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh skor rata- rata untuk siklus I ialah 76,52 sedangkan ketuntasan klasikalnya mencapai 64,70 persen, dan pada siklus II skor rata-rata yang diperoleh ialah 80,88 dan ketuntasan klasikalnya mencapai 82,35 persen. Meningkatnya hasil belajar ekonomi peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri ditandai dengan semakin meningkatnya persentase kategori dari kategori rendah pada siklus I menjadi kategori tinggi pada siklus II. Data hasil observasi menunjukkan terjadi peningkatan keaktifan dan perhatian siswa dalam belajar ekonomi baik pada saat pembelajaran maupun dalam kelompoknya. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X IS 1 SMA IT Wahdah Islamiyah Makassar. Kata kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Pembelajaran inkuiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 30 Jan 2020 02:13
Last Modified: 30 Jan 2020 02:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16678

Actions (login required)

View Item View Item