Studi Komparatif antara Penguasaan Kosakata Bahasa Bugis dan Penguasaan Kosakata Bahasa Makassar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Pangkajene Kabupaten Pangkep

Umar, Jumriati (2020) Studi Komparatif antara Penguasaan Kosakata Bahasa Bugis dan Penguasaan Kosakata Bahasa Makassar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Pangkajene Kabupaten Pangkep. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL JUMRIATI UMAR.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan Penguasaan kosakata bahasa Bugis Siswa kelas VIII di SMPN 1 Pangkajene dan Mendeskripsikan Penguasaan kosakata bahasa Makassar Siswa kelas VIII di SMPN 1 Pangkajene serta membuktikan perbedaan antara penguasaan kosakata bahasa Bugis dengan Penguasaan kosakata bahasa Makassar Siswa kelas VIII SMPN 1 Pangkajene Kabupaten Pangkep. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitia ini adalah desain penelitian deskriptif komparatif. Penelitian yang bersifat deskriptif komparatif ini adalah rancangan penelitian yang menggambarkan variabel penelitian dalam bentuk angka-angka atau statistik untuk membandingkan penguasaan Siswa terhadap kosakata bahasa Bugis dengan kosakata bahasa Makassar. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Pangkajene Kabupaten Pangkep yang berjumlah 348 orang yang tersebar dalam 11 kelas. Sampel penelitian berjumlah 50 orang yang dipilih dari keseluruhan kelas VIII dengan menggunakan teknik Purposive Sampling ( Nonprobability Sampling). Berdasarkan hasil perhitungan uji t- sampel diperoleh Sig (2-tailed) <α (0,05). Maka Tolak H0 jika Sig (2-tailed) <α (0,05). Karena Sig (2-tailed) <α (0,05) Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara penguaaan kosakata bahasa Bugis dengan Penguasaan Kosakata bahasa Makassar Siswa kelas VIII SMPN 1 Pangkajene Kabupaten Pangkep. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penguasaan kosakata bahasa Bugis Siswa kelas VIII SMPN 1 Pangkajene Kabupaten Pangkep mmendapatkan nilai rata-rata sebesar 80 sedangkan, penguasaan kosakata bahasa Makassar mendapatkan nilai rata-rata sebesar 72. Implikasi dari penelitian ini yaitu Penelitian ini berguna untuk peneliti selanjutnya dalam melakukan penelitian penguasaan kosakata bahasa Bugis dan Makassar diharapkan dapat mengembangkan tes penguasaan kosakata yang diberikan sesuai dengan ide dan kreatifitas yang didapatkan. Dan Sebaiknya siswa diberi latihan untuk memperbanyak penguasaan kosakata baik kosakata bahasa Bugis maupun kosakata bahasa Makassar. Kata Kunci: Penguasaan Kosakata bahasa Bugis, Penguasaan Kosakata bahasa Makassar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pend. Bahasa dan Sastra Daerah
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 23 Jan 2020 03:11
Last Modified: 23 Jan 2020 03:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/16555

Actions (login required)

View Item View Item